Klinik Gigi SATU Dental

Tips memilih warna karet behel

Tips Memilih Warna Karet Behel

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Breadcrumb

Apakah kamu sedang berpikir untuk melakukan pemasangan behel gigi? Memasang behel gigi dapat membantu merapikan masalah gigi berantakan atau tidak rapi. Pemasangan behel gigi juga dapat dilakukan untuk mencegah masalah kesehatan gigi dan mulut yang dapat muncul saat kondisi gigi tidak rata ataupun memilih celah.

Memakai behel gigi dapat meningkatkan rasa percaya diri karena dalam jangka panjang, estetika gigi akan menjadi rapi. Selain itu, pemasangan behel gigi juga membuat seseorang terlihat lebih menarik. Ingin mengikuti tren pemasangan behel gigi? Simak dulu yuk tentang behel gigi dan tips memilih karet pada behel gigi yang tepat!

Table of Contents

Apa itu behel gigi?

Behel gigi adalah perawatan ortodonti yang dilakukan untuk memperbaiki kondisi gigi atau merapikan gigi. Behel gigi lebih disarankan penggunaannya oleh anak-anak karena kondisi rahang gigi masih bertumbuh. Namun, selama 30 tahun terakhir, pemakaian behel gigi menjadi populer di kalangan orang dewasa.

Behel gigi memiliki beragam pilihan yang disesuaikan dengan fungsi pemasangan yang diinginkan. Setiap jenis behel gigi juga memiliki harga pemasangan dan perawatan yang berbeda-beda. Umumnya perawatan behel gigi harus rutin dilakukan oleh dokter gigi sehingga perbaikan pada gigi dapat dipantau dan kegunaan behel gigi dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Berikut jenis-jenis behel gigi yang bisa kamu pilih:

  1. Behel metal. Behel metal merupakan behel gigi berbahan metal atau logam yang dapat membantu memperbaiki kondisi gigi dalam hitungan bulan maupun tahun. Behel metal memiliki harga yang lebih murah dibandingkan jenis behel gigi lainnya. Namun, jenis behel ini lebih terlihat dengan jelas.
  2. Behel keramik. Behel keramik merupakan jenis behel gigi yang hampir sama dengan behel metal. Namun, karena memiliki bahan dari keramik, behel gigi ini biasanya memiliki warna jernih atau berwarna seperti gigi untuk membuatnya tidak terlihat. Jenis behel gigi ini biasanya sedikit lebih mahal daripada behel metal.
  3. Behel invisalign. Invisalign adalah jenis behel gigi yang dibuat dari lapisan plastik dan dipasangkan ke area gigi. Jenis behel gigi ini jauh lebih tidak terlihat karena warnanya menyerupai warna gigi. Untuk membuatnya, dokter gigi akan membuat cetakan gigi terlebih dahulu. Uniknya, jenis behel ini tidak memerlukan perawatan behel gigi yang sulit. Invisalign bisa dilepas pasang dengan mudah. Kamu bisa melepas invisalign saat sedang makan ataupun membersihkan gigi. Tentunya, harga invisalign lebih mahal daripada behel gigi biasa.
  4. Behel lingual. Jenis behel gigi satu ini memiliki fungsi yang sama dengan behel pada umumnya, seperti behel berbahan metal dan keramik. Namun yang membedakan adalah behel lingual dipasang di bagian belakang gigi. Oleh karena itu, behel lingual hampir tidak terlihat sama sekali. Namun, harganya tentu jauh lebih mahal daripada jenis-jenis behel yang sudah disebutkan sebelumnya.
  5. Behel Damon. Damon merupakan merek behel gigi yang tidak memerlukan karet dalam pemasangannya. Perawatan behel gigi dengan bahan damon jauh lebih mudah karena tidak memerlukan penggantian karet behel. Meskipun hampir sama dengan jenis behel gigi tradisional, namun damon memiliki teknologi self-ligating. Teknologi ini memungkinkan agar behel gigi tidak memerlukan karet untuk menahan kawat pada tempatnya. Untuk membuat kawat gigi tetap pada tempatnya, behel damon memiliki pintu geser berukuran kecil. Dengan begini, behel damon tidak menimbulkan rasa sakit akibat gesekan atau tekanan pada gigi.

Baca Juga: Cara Mengatasi Gigi Goyang Pada Orang Dewasa

Jenis behel gigi yang perlu pemasangan karet

Setelah mengetahui apa itu behel gigi, sekarang saatnya untuk memilih behel gigi yang sesuai dengan kondisi gigi, penampilan, serta kantong. Umumnya pemasangan behel gigi memerlukan karet untuk menahan kawat agar terpasang dengan bracket. Karet behel memiliki fungsi utama untuk menjaga posisi antara kawat dan bracket sehingga dapat menahan dan mengubah posisi gigi.

Jenis behel gigi yang memerlukan pemasangan karet behel adalah behel metal dan behel keramik. Kedua behel gigi ini adalah jenis behel gigi tradisional. Meskipun begitu, behel metal memiliki penampilan yang lebih mencolok sehingga lebih terlihat. Sementara behel keramik memiliki warna yang mirip dengan warna gigi sehingga tidak terlihat dengan jelas.

Dalam melakukan pemasangan karet gigi, kamu harus rajin menggantinya setiap 2-3 minggu sekali. Jika kamu malas-malasan dalam melakukan perawatan behel, maka karet behel bisa menjadi kurang lentur dan tidak dapat mendorong gigi ke posisi yang diinginkan. Akibat dari tidak rajin mengganti karet behel adalah diperlukan waktu yang lebih lama untuk merapikan gigi. Selain itu, karet gigi yang tidak kunjung diganti juga dapat menyebabkan kerusakan gigi, seperti masalah pada gigi dan gusi. Selain itu, dengan rutin mengganti warna karet gigi, kamu dapat terlihat seperti orang yang berbeda setiap pergantian warna.

Lantas, bagaimana cara yang tepat untuk memilih warna karet gigi yang tepat supaya gigi tampak cerah? Simak tipsnya berikut ini!

Bagaimana mencocokkan warna karet yang akan membuat gigi kita cerah?

Untuk mulai melakukan pemasangan karet behel, kamu harus memperhatikan warna yang cocok. Hal ini penting agar pemasangan karet behel dapat membantu estetika gigi supaya terlihat lebih cerah. Kamu nggak mau kan pemasangan behel gigi justru membuat gigimu terlihat kusam dan aneh?

Kamu dapat menyesuaikan warna karet behel dengan warna kulit dan rambut. Jika kamu memiliki warna kulit dan rambut yang gelap, maka kamu bisa mempertimbangkan warna seperti biru, magenta, ungu, dan merah muda. Selain itu, kamu bisa menyesuaikan juga dengan baju yang sering digunakan. Jika kamu sering menggunakan baju berwarna gelap, maka ada baiknya untuk memilih warna karet behel berwarna senada, seperti ungu tua dan biru tua.

Beberapa warna karet behel gigi berikut merupakan warna-warna yang sering direkomendasikan, lho!

Baca Juga: Kapan Harus Periksa Gigi ke Dokter Gigi? Jenis Perawatan, Tujuan, dan Prosedur

1. Warna navy atau maroon

Warna navy dan maroon adalah warna netral yang lebih condong ke warna gelap. Dengan begitu, warna gigi akan terlihat lebih cerah. Kedua warna ini dapat digunakan oleh berbagai macam gender dan sangat populer.

2. Warna magenta

Warna ini banyak dipilih, khususnya oleh perempuan. Dengan warna karet behel magenta, gigi dapat terlihat lebih putih. Jenis warna ini juga tidak biasa sehingga dapat membuatmu terlihat unik.

3. Warna abu-abu dan perak

Siapa yang khawatir dengan masalah gigi kuning? Pemakaian warna behel abu-abu dan perak bisa dicoba oleh pemilik gigi kuning. Apalagi kedua warna ini tidak mencolok sehingga cocok digunakan jika kamu rajin berdandan.

4. Warna neon

Warna yang satu ini merupakan favorit bagi anak-anak remaja. Jenis warna neon menampilkan kesan yang ceria dan ramah. Apalagi pada usia anak-anak, warna mencolok seperti ini dapat membantu anak-anak untuk lebih percaya diri.

Itu tadi tips dalam memilih karet behel yang dapat kamu terapkan sebelum pemasangan behel gigi. Pastikan kamu memasang behel gigi di klinik gigi terpercaya dan bukan pada tukang gigi, ya! Sebab, jika kamu sembarangan dalam memasang behel gigi, maka dampaknya dapat mempengaruhi kesehatan gigi dan mulut jangka panjang.

Kamu juga harus rutin melakukan perawatan behel, salah satunya dengan rutin mengganti karet behel. Percayakan pemasangan dan perawatan behel gigi pada klinik gigi terpercaya di SATU Dental. Kamu juga bisa mendapatkan promo menarik di sini.

Artikel Lainnya

Cabang Klinik Gigi SATU Dental

Buat Jadwal di Klinik SATU Dental