Klinik Gigi SATU Dental

Penyebab Sakit Gigi Sampai Ke Telinga dan Cara Mengatasinya dengan Tepat

Penyebab Sakit Gigi Sampai Ke Telinga dan Cara Mengatasinya dengan Tepat

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Breadcrumb

Apa kamu pernah mengalami sakit gigi sampai ke telinga? Rasa sakit ini tentunya akan menghambat kegiatanmu sehari-hari dan bisa jadi menimbulkan masalah kesehatan telinga lainnya, sehingga harus segera diatasi. 

 

Agar tidak semakin parah, ketahui penyebab sakit gigi sampai ke telinga dan cara mengatasinya di bawah ini!

Table of Contents

Penyebab Sakit Gigi Sampai Ke Telinga

Penyebab Sakit Gigi Sampai Ke Telinga

Ada beberapa penyebab sakit gigi sampai ke telinga. Kali ini, Klinik Gigi SATU Dental akan membahasnya, supaya kamu dapat melakukan pencegahan terlebih dahulu. Berikut ini beberapa penyebab sakit gigi sampai ke telinga.

1. Saraf yang Terhubung

Rasa sakit gigi sampai ke telinga bisa jadi disebabkan oleh saraf yang terhubung antara gigi dengan telinga. Karena itulah, akhirnya ketika sakit gigi tidak kunjung mereda, lama kelamaan rasa sakitnya dapat menjalar hingga ke telinga melalui saraf tersebut. 

2. Infeksi Gigi Berlubang

Gigi berlubang yang didiamkan tanpa pengobatan apa pun bisa menyebabkan infeksi yang lebih parah pada mulut. Infeksi yang terjadi akibat gigi berlubang juga dapat menjalar ke telinga sehingga telinga terasa sakit. 

3. Periodontitis

Periodontitis merupakan penyakit gusi akibat infeksi yang cukup berbahaya. Biasanya gejalanya disertai dengan gusi berdarah hingga mengeluarkan nanah. Infeksi yang terjadi pada gusi ini bisa berpengaruh kepada telinga dan juga bagian kepala.

4. Gigi Sensitif

Gigi sensitif biasanya menjadi salah satu penyebab sakit gigi. Jika sakit gigi berkepanjangan, hal ini dapat mempengaruhi telinga dan juga kepala. Rasa sakitnya akan menjalar ke berbagai indra tubuh yang lainnya.

5. Impaksi Gigi Bungsu

Terjadinya impaksi pada gigi bungsu bisa menimbulkan rasa sakit yang luar biasa. 

 

Rasa sakit tersebut dapat menjalar ke telinga, apalagi jika gigi bungsu yang timbul dan terasa sakit ada di bagian belakang mulut. Rasa sakitnya bisa juga menjalar hingga ke kepala.

 

Mungkin kamu juga bertanya-tanya, sakit gigi sampai ke telinga apakah bahaya? Kemungkinan bisa membahayakan jika tidak dengan segera ditangani.


Baca juga: 8 Penyebab Gigi Ngilu dan Cara Terbaik Mengatasinya

Cara Mengatasi Sakit Gigi Sampai ke Telinga

Cara Mengatasi Sakit Gigi Sampai ke Telinga

Ada cukup banyak cara mengatasi sakit gigi sampai ke telinga, tentunya dengan mengatasi akar permasalahannya terlebih dahulu. Kamu perlu menyembuhkan sakit gigi, agar telinga juga kembali sehat. 


Melansir WebMd, berikut adalah cara untuk mengatasi sakit gigi:

1. Menjaga Kebersihan Mulut

Kebersihan mulut merupakan hal paling utama yang perlu kamu lakukan untuk menjaga kesehatan gigi dan gusi yang ada di dalamnya. 

 

Menjaga kebersihan mulut bisa kamu lakukan dengan menyikat gigi rutin setiap pagi dan malam. 

 

Lalu, flossing gigi untuk membantu mengangkat sisa makanan yang terperangkap di sela gigi. Terakhir, berkumur menggunakan obat kumur yang dapat membunuh bakteri penyebab sakit gigi.

2. Hindari Makanan Manis

Makanan yang terlalu manis biasanya disukai oleh bakteri, karena dapat membantu dalam proses berkembang biak. 

 

Jika kamu terlalu banyak mengonsumsi makanan tinggi gula dan tidak membersihkan gigi dengan baik, gigi akan lebih rentan mengalami kerusakan dan terasa sakit.

3. Sikat Gigi Menggunakan Fluoride

Menyikat gigi menggunakan pasta gigi fluoride bisa melindungi lapisan gigi, serta memperkuat ketahanan gigi supaya tidak mudah rusak. Jangan lupa juga untuk menggunakan sikat gigi dengan bulu yang lembut.

4. Cabut Gigi

Jika rasa sakit disebabkan oleh infeksi dari gigi berlubang, metode cabut gigi bisa jadi solusi untuk mengatasi rasa sakit berkepanjangan. Namun, prosedur cabut gigi bisa dilakukan ketika gigi tidak dalam kondisi sakit. 

 

Jadi biasanya sebelum pencabutan gigi dimulai, dokter mungkin akan memberikan resep obat untuk pereda nyeri pada gigi. Setelah sakit gigi sudah tidak terasa, prosedur cabut gigi dapat dilakukan.

5. Tambal Gigi

Tambal gigi akan dilakukan ketika, gigi berlubang masih dalam kondisi ringan. Akan dilakukan pembersihan lubang gigi dari bakteri terlebih dahulu, barulah bahan tambal gigi mulai dimasukkan ke dalam lubang gigi. Dengan begitu, bakteri tidak lagi bisa menggerogoti enamel gigi.

6. Perawatan Saluran Akar

Apabila infeksi pada saraf gigi menjadi penyebab sakit gigi sampai ke telinga, diperlukan perawatan saluran akar untuk dapat menyudahi rasa sakit pada gigi. 

 

Dokter akan melubangi bagian gigi agar dapat menjangkau saraf, lalu mengangkat bagian jaringan saraf penyebab sakit gigi, membersihkan lubang, lalu ditambal menggunakan mahkota gigi. Prosedur ini bisa dikatakan efektif dalam mengatasi sakit gigi.

 

Selain itu masih ada cara untuk mengatasi sakit gigi sampai ke telinga seperti di bawah ini:

 

  • Cobalah untuk berkumur menggunakan air garam untuk menghilangkan rasa sakit pada gigi. Garam dikenal mengandung antibakteri yang dapat membunuh bakteri penyebab sakit gigi yang menempel pada gigi. Gunakan air hangat supaya gigi yang sakit lebih terasa nyaman, dibandingkan dengan menggunakan air dingin.
  • Antibiotik juga bisa digunakan untuk membunuh bakteri pada gigi. Namun, penggunaan antibiotik memerlukan konsultasi dokter terlebih dahulu ya.
  • Obat pereda rasa sakit juga bisa kamu konsumsi, setidaknya untuk meredakan sakit gigi.
  • Hindari mengonsumsi makanan yang terlalu panas atau terlalu dingin, karena dapat menyebabkan gigi ngilu hingga terasa sakit, jika kamu memiliki gigi sensitif. Lebih baik konsumsi saat suhu panas dan dinginnya sudah mulai menurun.

 

Baca juga: 6 Cara Mengatasi Gigi Ompong dan Mencegahnya

 

Untuk memastikan bahwa sakit gigi sampai ke telinga tidak berbahaya, kamu perlu datang ke klinik gigi untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut. Cobalah untuk datang ke cabang klinik gigi SATU Dental yang ada di beberapa kota, seperti Jakarta, Bekasi, Bogor, Tangerang, Depok, dan juga CIbubur, ketika memiliki permasalahan sakit gigi yang menjalar hingga ke telinga. 

 

Kalau bisa, kunjungi dokter gigi secara rutin, minimal 6 bulan sekali untuk melakukan pemeriksaan dan perawatan gigi. Namun, jika kondisi gigi sudah buruk, kamu harus mengunjungi dokter untuk mendapatkan penanganan.

Cabang Klinik Gigi SATU Dental

Buat Jadwal di Klinik SATU Dental