Klinik Gigi SATU Dental

6 Cara Mengatasi Sakit Gigi Sampai ke Kepala

6 Cara Mengatasi Sakit Gigi Sampai ke Kepala

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Breadcrumb

Sakit gigi sampai ke kepala bisa menjadi pengalaman yang sangat menyiksa. Rasa nyeri yang tajam dan berdenyut dapat mengganggu aktivitas sehari-hari dan kualitas hidup. Untuk membantu mengatasi kondisi ini, artikel ini akan membahas penyebab sakit gigi sampai ke kepala dan berbagai cara untuk mengobatinya.

Table of Contents

Penyebab Sakit Gigi Sampai ke Kepala

Melansir Verywell Health, para ahli percaya bahwa hubungan antara sakit gigi dan sakit kepala adalah saraf trigeminal. Saraf kranial ini mengontrol gerakan dan sensasi wajah dan mata. Saraf ini memberikan sensasi ke sebagian besar wajah Anda, termasuk bibir atas dan bawah, gigi, dan gusi.

Saraf trigeminal diduga berperan penting dalam perkembangan migrain. Dalam kasus ini, nyeri akibat sakit gigi dapat mengiritasi saraf dan memicu migrain.

Sakit gigi sampai ke kepala dapat disebabkan oleh berbagai faktor, di antaranya:

  • Gangguan Sendi Temporomandibular (TMJ): Gangguan pada sendi rahang bawah yang dapat menyebabkan sakit kepala dan nyeri pada wajah.
  • Bruxism: Kondisi yang menyebabkan orang menggerakkan gigi secara berlebihan, yang dapat menyebabkan sakit kepala dan nyeri pada wajah.
  • Gigi Berlubang: Gigi berlubang dapat menyebabkan sakit kepala, terutama jika tidak segera ditangani. Gigi berlubang dapat menyebabkan rasa sakit yang menjalar hingga ke telinga dan kepala.
  • Infeksi Gigi: Infeksi gigi, seperti abses atau perikoronitis, dapat menyebabkan sakit kepala dan nyeri pada wajah.
  • Impaksi Gigi Bungsu: Pertumbuhan gigi bungsu yang kurang sempurna dapat menyebabkan sakit menjalar hingga ke telinga dan kepala.
  • Penyakit Gusi: Penyakit gusi, seperti periodontitis, dapat menyebabkan sakit kepala dan nyeri pada wajah.

Baca Juga: 5 Penyebab Gigi Berlubang, Cara Mencegah dan Tindakan Perbaikannya

Cara Mengobati Sakit Gigi Sampai ke Kepala

Berikut beberapa cara mengobati sakit gigi sampai ke kepala yang bisa Anda coba di rumah:

1. Kompres Dingin

1. Kompres Dingin

Salah satu cara efektif untuk mengatasi sakit gigi sampai ke kepala adalah dengan menggunakan kompres dingin. Dengan kompres dingin dapat membantu meredakan nyeri dan mengurangi peradangan. Tempelkan kompres dingin pada area pipi di dekat gigi yang sakit selama 15-20 menit untuk hasil yang maksimal.

2. Kumur dengan Air Garam

Kumur dengan air garam adalah cara alami untuk mengatasi sakit gigi sampai ke kepala. Hal ini telah diteliti dalam beberapa jurnal ilmiah seperti Jurnal Clinical and Experimental Dental Research tentang Effect of octenidine mouthwash on plaque, gingivitis, and oral microbial growth: A systematic review.

Penelitian ini menemukan bahwa penggunaan obat kumur air garam secara signifikan lebih efektif dalam mengurangi plak gigi dan gingivitis dibandingkan dengan plasebo. Plak dan gingivitis merupakan dua faktor utama penyebab sakit gigi.

Jadi, air garam dapat membantu menghilangkan sumber penyebab sakit gigi sekaligus membersihkan area yang terinfeksi dan meredakan nyeri. Berikut beberapa tips untuk kumur air garam dengan efektif:

  • Gunakan air garam hangat, bukan panas.
  • Campurkan 1/2 sendok teh garam dalam segelas air hangat.
  • Kumur selama 30 detik, dua kali sehari.
  • Jangan menelan air garam.

3. Kumur dengan Soda Kue

Selain air garam, kumur dengan soda kue juga efektif untuk meredakan sakit gigi sampai ke kepala. Soda kue memiliki sifat antibakteri yang dapat membantu mengurangi infeksi. Berikut beberapa tips untuk kumur soda kue dengan efektif:

  • Larutkan 1/2 sendok teh soda kue dalam segelas air hangat.
  • Kumur selama 30 detik, dua kali sehari.
  • Jangan menelan air soda kue.

Baca Juga: Penyebab Sakit Gigi Sampai Ke Telinga dan Cara Mengatasinya dengan Tepat

4. Mengunyah Bawang Putih

4. Mengunyah Bawang Putih

Bawang putih dikenal memiliki sifat antibakteri dan anti-inflamasi yang dapat membantu meredakan sakit gigi sampai ke kepala. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa senyawa aktif dalam bawang putih dapat memiliki efek positif pada kesehatan gigi dan mulut:

  • Allicin: Senyawa ini memiliki sifat antibakteri yang kuat dan dapat membantu melawan bakteri penyebab infeksi gigi dan gusi.
  • Disulfide: Senyawa ini memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi peradangan pada gusi.
  • Antioksidan: Bawang putih kaya akan antioksidan yang dapat membantu melindungi gigi dan gusi dari kerusakan akibat radikal bebas.

Kunyah bawang putih segar pada area gigi yang sakit untuk mendapatkan manfaatnya. Anda juga bisa menghaluskan bawang putih dan mengoleskannya langsung pada gigi yang bermasalah.

5. Mengunyah Daun Jambu Biji

Daun jambu biji memiliki sifat anti-inflamasi dan antimikroba yang dapat membantu meredakan sakit gigi sampai ke kepala. Kunyah beberapa lembar daun jambu biji segar atau rebus daunnya untuk dijadikan air kumur.

6. Menggunakan Obat Pereda Nyeri

Menggunakan obat pereda nyeri seperti paracetamol atau ibuprofen dapat membantu mengatasi sakit gigi sampai ke kepala. Obat ini dapat meredakan nyeri sementara dan membantu Anda merasa lebih nyaman. Pastikan untuk mengikuti dosis yang dianjurkan dan konsultasikan dengan dokter jika perlu.

Baca Juga: 8 Cara Mengobati Sakit Gigi dengan Cepat dan Tepat

Kapan Harus Berkunjung ke Dokter Gigi?

Kapan Harus Berkunjung ke Dokter Gigi?

Jika sakit gigi sampai ke kepala tidak kunjung membaik atau semakin parah, segera kunjungi dokter gigi. Kemungkinan kondisi ini memerlukan perawatan medis yang lebih intensif. 

Tanda-tanda lain yang memerlukan perhatian medis segera termasuk demam, pembengkakan yang parah, atau kesulitan membuka mulut. Mengunjungi dokter gigi terpercaya seperti di Klinik Gigi SATU Dental dapat memastikan Anda mendapatkan perawatan yang tepat dan menghindari komplikasi lebih lanjut.

Mengatasi sakit gigi sampai ke kepala memerlukan pendekatan yang tepat untuk meredakan nyeri dan mengatasi penyebabnya. Mulai dari kompres dingin hingga penggunaan obat pereda nyeri, berbagai cara bisa Anda coba di rumah. 

Apabila belum sembuh, segera periksakan diri ke dokter terpercaya seperti dokter gigi di Klinik Gigi SATU Dental untuk mendapatkan perawatan profesional, seperti layanan perawatan gusi dan gigi. Jangan biarkan sakit gigi mengganggu aktivitas Anda, dapatkan bantuan yang Anda butuhkan secepatnya!

Artikel Lainnya

Cabang Klinik Gigi SATU Dental

Buat Jadwal di Klinik SATU Dental