Klinik Gigi SATU Dental

7 Penyebab Rahang Sakit dan Cara Mengobatinya

7 Penyebab Rahang Sakit dan Cara Mengobatinya

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Breadcrumb

Sakit rahang merupakan suatu permasalahan yang bisa terjadi pada siapapun. Sakit pada bagian rahang ini seringkali dapat menjalar sampai ke bagian wajah lainnya. Rasanya akan sangat tidak nyaman saat mengunyah makanan yang teksturnya cukup keras. Rahang yang sakit juga dapat mengganggu kenyamanan dalam berbicara.

 

Pada umumnya, sakit yang muncul pada rahang tidak memerlukan pengobatan medis, namun tentu hal tersebut juga akan dipertimbangkan dari penyebab dan seberapa sakit rahang. Jika dirasa sangat mengganggu, lebih baik datang ke klinik gigi untuk mendapatkan penanganan.


Simak ulasan mengenai penyebab rahang sakit dan cara mengobatinya hanya di Klinik Gigi SATU Dental!

Table of Contents

7 Penyebab Rahang Sakit

Untuk dapat mengatasi sakit pada rahang, penting untuk mengetahui terlebih dahulu, apa yang menyebabkan rahang terasa sakit. Melansir Alodokter, ada beberapa penyebab rahang sakit, berikut uraiannya.

1. Sakit Kepala Cluster

1. Sakit Kepala Cluster

Sakit kepala cluster merupakan sakit kepala yang dirasakan pada mata bagian belakang. Rasanya yang sangat sakit, terkadang dapat menjalar hingga menyebabkan rahang menjadi ikut terasa sakit.

2. Sinus

Infeksi dapat terjadi pada rongga yang terletak di bagian tengkorak wajah, yang dikenal dengan nama sinus. Infeksi sinus yang meradang akan memberikan tekanan yang cukup besar pada bagian wajah, hingga dapat menyebabkan rahang sakit. Tekanannya yang cukup besar juga bisa mengganggu akar gigi, sehingga gigi juga bisa menjadi sakit.

3. Sakit Gigi

Sakit pada gigi yang menjalar sampai ke tulang penyangga gigi dapat mempengaruhi rahang, sehingga rahang juga terasa sakit. Abses gigi merupakan salah satu sakit pada gigi yang bisa menyebar hingga ke rahang.

4. Gangguan pada Sendi Rahang

Sendi rahang juga bisa mengalami gangguan yang disebabkan oleh kebiasaan buruk, seperti membiarkan mulut terbuka lebar saat menguap, ataupun rahang yang ditekan terlalu keras saat merasa cemas. Adapun penyebab rahang sakit lainnya dikarenakan radang dan juga cedera. Hal ini merupakan penyebab rahang sakit saat mengunyah makanan.

5. Serangan Jantung

Rasa sakit pada serangan jantung juga dapat menjalar ke beberapa bagian tubuh termasuk rahang. Ketika jantung terasa sakit, rahang bagian kiri juga bisa terkena imbasnya.

6. Osteomielitis

Infeksi yang terjadi pada tulang dan sekitarnya bisa juga jadi penyebab rahang terasa sakit. 

7. Trigeminal Neuralgia

Trigeminal neuralgia merupakan kondisi di mana saraf yang biasa mengirimkan sinyal kepada otak untuk mengatur otot wajah dan rahang mengalami gangguan. Ketika hal ini terjadi, rahang bisa menjadi sakit.

Cara Mengobati Rahang Sakit

Ketika rahang terasa sakit, pastikan kamu langsung mengatasinya dengan beberapa cara di bawah ini untuk mengurangi rasa sakit

 

  • Minumlah obat anti-inflamasi yang dapat membantu untuk mengurangi rasa sakit pada rahang.
  • Kompres bagian rahang yang sakit menggunakan air dingin ataupun air hangat untuk membantu meredakan rasa sakit pada rahang.
  • Jika sakit rahang disebabkan oleh sakit gigi, maka minumlah obat pereda sakit gigi, agar sakit pada rahang dapat hilang secara berangsur saat sakit pada gigi juga mulai mereda.
  • Untuk sementara, konsumsilah makanan yang teksturnya lunak dan mudah untuk dikunyah. Hal ini dilakukan supaya otot rahang tidak perlu menggunakan tenaga berlebih untuk mengunyah makanan.
  • Aturlah lebar bukaan mulut ketika menguap, jangan biarkan mulut dan rahang terbuka terlalu lebar, karena dapat menyebabkan rasa sakit. Selain untuk mengatasi, mengontrol mulut saat menguap juga dapat mencegah sakit rahang.
  • Otot pada rahang juga bisa mengeluarkan tenaga berlebih ketika mengkonsumsi makanan yang teksturnya lengket. Jadi kalau bisa hindari makanan lengket, seperti permen karet dan permen kenyal.


Jika sudah mencoba berbagai cara untuk mengatasi sakit pada rahang namun tak kunjung mereda, lebih baik periksakanlah ke dokter gigi dengan datang ke klinik gigi terdekat.

Rekomendasi Klinik Gigi untuk Mengatasi Rahang Sakit

Untuk mengatasi rahang yang sakit, kamu bisa mengunjungi klinik gigi berkualitas dan terpercaya.

Datanglah ke klinik gigi Satu Dental untuk mengatasi rahang sakit di Jl. Kemang Raya No.72 RT 007, RW 002, Bangka, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan (Booking Klinik Gigi SATU Dental Aesthetic Kemang)

Klinik gigi Satu Dental juga hadir di Cibubur yang berlokasi di Ruko Oregon TCR 33, Jl. Raya Kota Wisata, Ciangsana, Kecamatan Gunung Putri, Kabupaten Bogor, Jawa Barat 16968. (Booking Klinik Gigi SATU Dental Kota Wisata Cibubur)

Kunjungi klinik gigi Satu Dental di Depok yang berlokasi di Jl. Raya Sawangan No.32-3, Mampang, Kecamatan Pancoran Mas, Depok, Jawa Barat 16433. (Booking Klinik Gigi SATU Dental Sawangan Depok)

Untuk yang tinggal di daerah Tangerang, kunjungi klinik gigi Satu Dental yang ada di Ruko Cordoba, Jl. Green Lake City Boulevard No.28, Petir, Kec. Cipondoh, Kota Tangerang, Banten 15147. (Booking Klinik Gigi SATU Dental Green lake City)

Bagi yang ada di Bekasi, klinik gigi Satu Dental yang bisa dikunjungi berlokasi di Ruko Grand Galaxy City Jl. Boulevard Raya Barat Blok RGG No. 7, RT.001/RW.018, Jaka Setia, Kec. Bekasi Sel., Kota Bks, Jawa Barat 17147. (Booking Klinik Gigi SATU Dental Grand Galaxy Bekasi)

Sedangkan untuk klinik gigi Satu Dental di Bogor, berlokasi di Jalan Raya Pajajaran No.20G, Kp Parung Jambu, Baranangsiang, Kota Bogor, Jawa Barat 16143. (Booking Klinik Gigi SATU Dental Bogor Baranangsiang)

Kebanyakan penyebab rahang sakit berasal dari penyakit lainnya yang meradang. Jagalah kesehatan mulut dan gigi, serta hindari kebiasaan buruk yang dapat menyebabkan sakit pada rahang.

 

Kunjungi dokter jika kamu ingin mengetahui lebih pasti penyebab rahang sakit, dengan melakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Artikel lainnya

Cabang Klinik Gigi SATU Dental

Buat Jadwal di Klinik SATU Dental