Klinik Gigi SATU Dental

8 Penyebab Gigi Ngilu dan Cara Terbaik Mengatasinya

8 Penyebab Gigi Ngilu dan Cara Terbaik Mengatasinya

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Breadcrumb

Umumnya ketika tersenyum, akan terlihat susunan gigi rapi yang membuat senyuman jadi semakin menarik. Tapi ternyata tidak semua orang memiliki senyuman yang memperlihatkan gigi. Pada beberapa orang saat tersenyum bukannya terlihat susunan gigi, namun malah bagian gusi yang justru lebih nampak. 


Gummy smile menjadi sebutan yang terkenal untuk kondisi gusi yang terlihat berlebihan ketika tersenyum. Simak terkait pengertian, penyebab, cara mengatasi, sampai rekomendasi klinik gigi untuk mengatasi gummy smile pada artikel Klinik Gigi SATU Dental berikut ini.

Table of Contents

8 Penyebab Gigi Ngilu

8 Penyebab Gigi Ngilu

Penyebab gigi ngilu saat makan atau minum cukup beragam. Simak ulasannya di sini!

1. Gigi Berlubang

Gigi berlubang memang dikenal dapat menyebabkan berbagai permasalahan pada mulut dan gigi, salah satunya rasa ngilu. Rasa ngilu ini disebabkan karena kerusakan gigi yang cukup parah pada gigi berlubang, jadi ketika ada makanan atau minuman yang menyentuh ke bagian lubang gigi, hal tersebut bisa menyebabkan rasa ngilu bahkan hingga nyeri tak tertahankan.

2. Gigi Retak

Gigi yang mengalami keretakan, bisa juga menyebabkan rasa ngilu ketika menggigit ataupun mengunyah makanan. Hal ini dikarenakan pada gigi retak, kuman dan bakteri dapat masuk dengan mudah ke sela-sela gigi, dan jadi penyebab rasa ngilu.

3. Gigi Sensitif

Gigi sensitif juga termasuk ke dalam penyebab gigi ngilu yang paling sering dialami oleh banyak orang. Pasalnya, gigi bisa disebut sensitif ketika lapisan enamel yang merupakan pelindung gigi mengalami penipisan. Dentin gigi jadi mudah menerima rangsangan (sensitif), karena menipisnya lapisan enamel pada gigi.

4. Masalah pada Gusi

Gusi yang bermasalah dapat menyebabkan gigi terasa ngilu. Permasalahan pada gusi biasanya dikarenakan kurang menjaga kebersihan mulut dan terlalu keras saat menyikat gigi. Gusi yang memiliki masalah cukup parah biasanya akan sering berdarah bahkan hingga mengeluarkan nanah.

5. Tambal Gigi Rusak

Bagi yang pernah melakukan tambal gigi, mungkin sesekali harus sering cek keadaan gigi yang ditambal. Jika terjadi kerusakan, dapat menyebabkan gigi sering merasa ngilu akibat dari akar gigi yang berubah menjadi lebih rentan terkena rangsangan dari luar.

6. Sering Menggertakkan Gigi

Adapun penyebab gigi ngilu muncul dari kebiasaan sehari-hari yang dibilang cukup buruk dampaknya bagi gigi, yaitu menggertakan gigi. Ketika gigi digertakkan terlalu sering, hal tersebut dapat mengikis email gigi.

7. Abses Periapikal

Abses periapikal merupakan gumpalan nanah akibat infeksi oleh bakteri yang biasanya berada di pangkal gigi. Abses ini memberikan tekanan pada gigi dan gusi, sampai membuat gigi terasa ngilu.

8. Penggunaan Produk Gigi Berlebihan

8. Penggunaan Produk Gigi Berlebihan

Menggunakan produk gigi seperti pasta dan obat kumur secara berlebih dapat membuat lapisan gigi menipis, dan menyebabkan ngilu pada gigi.

Cara Terbaik Mengatasi Gigi Ngilu

Cara Terbaik Mengatasi Gigi Ngilu

Permasalahan gigi ngilu masih bisa diatasi apalagi jika segera ditangani ketika merasa gigi ngilu sering terjadi berlebihan. Ikuti cara di bawah ini.

 

  • Menjaga kebersihan gigi dan mulut, dengan menyikat gigi 2x dalam sehari, secara perlahan agar tidak merusak lapisan pada gigi.
  • Gunakan pasta gigi yang memang dikhususkan untuk kamu yang memiliki gigi sensitif.
  • Perawatan saluran akar gigi juga diperlukan, jika hanya jika sakit gigi terjadi karena gusi langsung terkena dengan AC.
  • Lakukan bonding jika perlu untuk memambah bahan-bahannya.
  • Operasi gusi juga bisa saja dilakukan hanya apabila AC tidak mau berjalan.

 

Datanglah ke klinik gigi jika terjadi rasa ngilu pada gigi yang berlebihan.

Rekomendasi Klinik Gigi untuk Mengatasi Gigi Ngilu

Tak perlu bingung ketika kamu mempunyai keluhan gigi ngilu, karena kamu bisa mengunjungi klinik gigi terbaik dan terpercaya untuk mencari solusinya. Berikut ini ada beberapa rekomendasi klinik gigi untuk mengatasi gigi ngilu.

 

Kunjungi klinik gigi Satu Dental untuk membantu mengatasi gigi ngilu yang berlokasi di Perumahan Griya Inti Sentosa Blok AI No.25, Sunter Agung, Tanjung Priok, Jakarta Utara. (Booking Klinik Gigi SATU Dental Sunter)

Untuk klinik gigi Satu Dental yang ada di Cibubur di Ruko Oregon TCR 33, Jl. Raya Kota Wisata, Ciangsana, Kecamatan Gunung Putri, Kabupaten Bogor, Jawa Barat 16968. (Booking Klinik Gigi SATU Dental Kota Wisata Cibubur)

Klinik gigi yang bisa dikunjungi untuk mengatasi gigi ngilu beralamat di Jl. Raya Sawangan No.32-3, Mampang, Kecamatan Pancoran Mas, Depok, Jawa Barat 16433. (Booking Klinik Gigi SATU Dental Sawangan Depok)

Bagi warga Tangerang, untuk mengatasi gigi ngilu, kamu bisa kunjungi klinik gigi Satu Dental yang ada di Ruko Pisa Grande B no 7, Paramount Boulevard, Tangerang, Banten 15810. (Booking Klinik Gigi SATU Dental Gading Serpong)

Untuk daerah Bekasi, silakan kunjungi klinik gigi Satu Dental di Ruko Grand Galaxy City Jl. Boulevard Raya Barat Blok RGG No. 7, RT.001/RW.018, Jaka Setia, Kec. Bekasi Sel., Kota Bks, Jawa Barat 17147. (Booking Klinik Gigi SATU Dental Grand Galaxy Bekasi)

Jika kamu berada di Bogor, sekarang kamu bisa mengunjungi klinik gigi Satu Dental yang ada di daerah Baranangsiang, tepatnya beralamat di Jalan Raya Pajajaran No.20G, Kp Parung Jambu, Baranangsiang, Kota Bogor, Jawa Barat 16143. (Booking Klinik Gigi SATU Dental Bogor Baranangsiang)


Jangan pernah mengabaikan gigi yang terasa ngilu agar tidak menyebabkan permasalahan lainnya. Mengunjungi klinik gigi untuk melakukan perawatan gigi juga menjadi salah satu jalan untuk menjaga dan mengatasi gigi yang bermasalah.

Artikel lainnya

Cabang Klinik Gigi SATU Dental

Buat Jadwal di Klinik SATU Dental