Klinik Gigi SATU Dental

Mengenal Gigi Taring: Pengertian, Fungsi, dan Cara Merawat Gigi Taring

10 Rekomendasi Pasta Gigi yang Mengandung Fluoride

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Breadcrumb

Memilih pasta gigi tidak boleh dilakukan secara sembarangan tanpa berpikir panjang terlebih dahulu. Memang, semua pasta gigi sama-sama dibuat untuk membersihkan gigi dari sisa makanan dan bakteri-bakteri yang menempel pada gigi. Tetapi, penting juga untuk mempertimbangkan kandungan apa yang ada di dalam pasta gigi.


Pasta gigi yang bagus digunakan untuk menyikat gigi adalah pasta gigi yang mengandung fluoride. Lalu, sebenarnya apa itu fluoride? Apa fungsinya sehingga sangat penting bagi orang-orang untuk memilih pasta gigi fluoride? Simak pembahasan lengkapnya pada artikel klinik gigi SATU Dental berikut ini.

Table of Contents

Apa Itu Fluoride?

Fluoride termasuk ke dalam mineral yang dapat membantu untuk menjaga kesehatan gigi dan mencegah gigi berlubang. Kebutuhan setiap orang akan fluoride juga berbeda-beda, bergantung dengan usia masing-masing. Pada umumnya, fluoride tidak diizinkan digunakan pada anak-anak dengan usia di bawah 6 tahun.

 

Baca juga: Plak Gigi: Penyebab dan Cara Menghilangkannya

Fungsi Fluoride

Untuk memahami mengapa pasta gigi yang mengandung fluoride sangat diperlukan, kamu perlu mengetahui fungsi fluoride pada gigi sebagai berikut:

  • Fluoride berperan dalam proses remineralisasi pada gigi yang kehilangan mineral akibat kemunculan plak. Ketika mulut mengalami demineralisasi atau kekurangan mineral, bakteri akan dengan mudah berkembang dan merusak gigi. Karena itu, fluoride hadir untuk mencegah perkembangan bakteri dengan proses remineralisasi.
  • Fluoride juga berfungsi dalam memperkuat bagian enamel gigi, dengan membuatnya tetap kuat dan tidak mudah rusak.
  • Fluoride dapat mencegah kemunculan karies pada gigi yang diakibatkan oleh bakteri.
  • Selain itu, fluoride berfungsi dalam pembentukan tulang dan memperkuat tulang, sehingga tidak mudah rapuh.
  • Kesehatan gusi juga dapat terjaga, karena tidak adanya plak yang menempel pada gigi penyebab gusi meradang dan beberapa penyakit gusi lainnya.

10 Rekomendasi Pasta Gigi yang Mengandung Fluoride

Setelah paham mengenai apa itu fluoride beserta fungsinya, kini waktunya kamu untuk sibuk memilih salah satu dari pasta gigi yang mengandung fluoride di bawah ini:

1. Sensodyne Fresh Mint

Pasta gigi dengan kandungan fluoride yang pertama adalah merk dari Sensodyne. Pasta gigi sensodyne terkenal dengan kegunaannya yang efektif untuk gigi sensitif. Selain itu, kandungan fluoride pada pasta gigi sensodyne juga dapat membantu untuk kesehatan gigi, dengan menjaga agar enamel gigi memiliki ketahanan yang kuat. Rasa fresh mint akan memberikan kesegaran baru pada gigi dan mulut.

2. Colgate Maximum Cavity Protection

Colgate Maximum Cavity Protection juga termasuk dalam pasta gigi yang mengandung fluoride. Pasta gigi Colgate juga dapat memberikan gigi perlindungan lebih maksimal jika dibandingkan dengan pasta gigi yang tidak ada kandungan fluoride di dalamnya. Selain itu, pasta gigi colgate juga dapat memberikan kesan menyegarkan, setelah kamu selesai menyikat gigi.

3. Pepsodent

3. Pepsodent

Pasta gigi yang mengandung fluoride merk Pepsodent pasti sudah tidak asing lagi kan di telinga? Pepsodent memang dikenal sebagai pasta gigi yang dapat membersihkan gigi, membantu menjaga ketahanan gigi hingga mencegah terjadinya gigi berlubang. Tidak hanya mencegah, pasta gigi Pepsodent dapat membantu untuk mengisi kembali llubang kecil pada gigi, sebelum akhirnya menjadi besar.

4. NU Skin AP24 Whitening Fluoride Toothpaste

4. NU Skin AP24 Whitening Fluoride Toothpaste

Walaupun kebanyakan mungkin belum mengenal merk pasta gigi yang satu ini, tapi jangan sampai berpikir untuk menyepelekan ya. Pasta gigi dari NU Skin AP24 ini dipercaya ampuh dalam mengatasi gigi yang sudah terlanjur menguning, dan mengembalikan warna gigi menjadi lebih putih. 


Tak hanya melindungi kesehatan gigi, pasta gigi satu ini juga membantu untuk menjaga agar gusi tetap terjaga kesehatannya. Ditambal lagi, pasta gigi NU Skin AP24 tidak mengandung peroksida, jadi aman untuk digunakan. Bentuk dari kemasan pasta gigi NU Skin cukup unik karena terlihat seperti kemasan
facial wash.

5. Enzim 40 Plus

5. Enzim 40 Plus

Pasta gigi yang bisa memberikan gigi perlindungan lebih yang selanjutnya adalah Enzim 40 Plus. Merk yang satu ini menjadi salah satu pasta gigi yang tidak terdapat kandungan deterjen di dalamnya. Dengan menggunakan pasta gigi Enzim 40 Plus, maka mulut kamu akan terjaga kandungan mineralnya, sehingga tidak terjadi kekeringan pada mulut yang menyebabkan bakteri mudah berkembang.

6. Enzim Classic Mild

6. Enzim Classic Mild

Masih dari merk enzim, pasta gigi Enzim versi Classic Mild juga sangat bagus untuk menjaga kesehatan enamel gigi. Hampir semua pasta gigi enzim, tidak mengandung deterjen, tidak terkecuali pada Enzim Classic Mild. Kamu bisa merasakan mulut yang segar seharian setelah menggunakan pasta gigi dari enzim.

7. Jordan Step 1 dan Step 2 Toothpaste

7. Jordan Step 1 dan Step 2 Toothpaste

Pasta gigi dari Jordan Step 1 dan Step 2 Toothpaste termasuk ke dalam pasta gigi fluoride yang aman digunakan oleh anak-anak loh! Jadi kamu tidak perlu khawatir dalam menjaga kandungan fluoride pada gigi anak, karena ada Jordan Step 1 dan Step 2 Toothpaste.

8. Buds Oralcare Organics Children’s Toothpaste

8. Buds Oralcare Organics Children’s Toothpaste

Masih ada pasta gigi lainnya yang bisa digunakan oleh anak-anak yaitu Buds Oral Care Organics Children’s Toothpaste. Pasta gigi ini aman digunakan anak karena tidak mengandung pengawet, mengandung fluoride, dan juga memiliki rasa buah-buahan. Gigi anak akan terjaga kesehatannya dan terlihat lebih bersih jika rutin menyikat gigi.

9. Ciptadent Maxi Complete

9. Ciptadent Maxi Complete

Pasta gigi Ciptadent juga cukup terkenal di kalangan masyarakat. Kandungan fluoride nya dapat memberikan manfaat dan berperan aktif untuk membuat gigi tetap sehat dan kuat. Pasta gigi Ciptadent juga dapat membantu mencegah kemunculan plak. 

10. Colgate Pasta Gigi Naturals Charcoal Pure Clean

10. Colgate Pasta Gigi Naturals Charcoal Pure Clean

Datang lagi dari colgate, pasta gigi versi Naturals Charcoal Pure Clean ini mempunyai manfaat dalam memperkuat lapisan email pada gigi karena kandungan fluoride-nya. Selain itu, pasta gigi ini bebas dari gluten dan dapat membantu mengurangi bau mulut.

 

Nah, selain menggunakan pasta gigi yang mengandung fluoride, penting juga bagi kamu mengunjungi klinik gigi untuk melakukan perawatan gigi. Kunjungi salah satu cabang klinik gigi SATU Dental yang ada di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, dan juga Cibubur untuk mendapatkan perawatan gigi terbaik.


Baca juga: Perawatan Saluran Akar Saraf Gigi: Pengertian Sampai Perawatan

Cabang Klinik Gigi SATU Dental

Buat Jadwal di Klinik SATU Dental