Klinik Gigi SATU Dental

11 Obat Sakit Gigi Anak yang Aman

11 Obat Sakit Gigi Anak yang Aman dan Ampuh Redakan Nyeri

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Breadcrumb

Sakit gigi saja sudah merupakan hal yang tidak enak, apalagi jika ini terjadi pada anak-anak yang kadang sulit mengungkapkan apa yang mereka rasakan. Pastinya bikin khawatir, para orang tua harus memperhatikan kesehatan dan kebersihan gigi anak sejak masih kecil untuk mengurangi resiko sakit gigi yang mungkin terjadi. Usaha menjaga kesehatan mulut ini membutuhkan konsistensi, bahkan konsultasi dengan dokter gigi agar penanganan dan perawatannya lebih tepat.

 

Jangan asal kasih obat ketika anak sakit gigi, berikut ini obat sakit gigi anak yang aman dan bisa diminum di rumah, selain itu, kali ini klinik gigi Satu Dental juga menyertakan rekomendasi klinik gigi anak yang aman dan sudah terbukti kualitasnya. Simak sampai selesai, ya.

Table of Contents

Apa Itu Gigi

Gigi adalah alat mengunyah dalam sistem pencernaan tubuh manusia. Dalam rongga mulut, terdapat beberapa jenis gigi yang tersusun dengan fungsinya masing-masing. Semua jenis gigi ini bekerja sama dengan organ lidah untuk mengolah dan mencerna makanan sebelum masuk ke tenggorokan. Dengan demikian, keberadaan gigi di dalam tubuh manusia memiliki peran yang sangat penting dalam menjalankan fungsi-fungsi penting ini.

 

Dikarenakan gigi memiliki bagian penting dalam keberlangsungan hidup, penting untukmu memperhatikan kebersihan dan kesehatannya sejak dini, bahkan sebelum gigi tumbuh sempurna. Penting juga untukmu mengetahui seperti apa jenis dan fungsinya, agar bisa lebih maksimal dalam hal perawatannya.

Obat Sakit Gigi Anak yang Aman dan Ampuh

Obat Sakit Gigi Anak yang Aman

Dalam memilih obat sakit gigi anak memang tidak bisa sembarangan, paling tidak, kamu harus mengerti kandungan apa saja yang ada di dalamnya dan memastikan keamanannya untuk tubuh anak. Nah, berikut ini rekomendasi obat anak yang aman:

1. Termorex Sirup

Termorex adalah obat yang digunakan untuk meredakan sakit gigi dan demam pada anak berusia 0–12 tahun. Mengandung paracetamol, obat ini bekerja dengan mengurangi nyeri dan menurunkan demam melalui pengaturan suhu tubuh dan nyeri di otak. Dosisnya adalah 3–4 kali sehari, sebelum atau sesudah makan, dan harus disesuaikan dengan usia dan berat badan anak.

2. Proris Sirup

Proris Sirup cocok digunakan untuk mengatasi sakit gigi pada anak berusia 1–12 tahun. Obat ini mengandung ibuprofen yang berperan dalam mengurangi peradangan dan nyeri akibat sakit gigi, serta menurunkan demam. Dosis yang dianjurkan adalah 3–4 kali sehari setelah makan.

3. Tempra Sirup

Tempra digunakan untuk mengatasi demam dan sakit gigi pada anak berusia 2–6 tahun. Kandungannya adalah paracetamol yang berfungsi sebagai pereda nyeri dan penurun panas. Tempra Sirup dapat diminum tiap 4 jam sekali, bersama atau tanpa makanan, dengan batasan tidak lebih dari 5 kali sehari. Dosisnya perlu disesuaikan dengan berat badan anak menggunakan alat takar yang ada pada kemasan.

4. Sanmol Sirup

Sanmol Sirup dapat digunakan untuk mengatasi nyeri akibat sakit gigi pada bayi dan anak hingga usia 12 tahun. Kandungannya adalah paracetamol yang bekerja langsung di otak untuk mengurangi rasa nyeri dan panas tubuh. Dosis dan frekuensi penggunaan disesuaikan dengan berat badan anak dan dapat diminum bersama atau tanpa makanan.

5. Panadol Anak Sirup

Panadol Anak-anak adalah obat sakit gigi yang ditujukan untuk anak-anak berusia 1–6 tahun. Obat ini mengandung paracetamol yang berfungsi mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh pertumbuhan gigi atau gigi berlubang. Dosis yang direkomendasikan adalah 3–4 kali sehari, dan dapat diminum langsung atau dicampur dengan air atau jus buah, sebelum atau setelah makan.

6. Bufect Sirup

Bufect Sirup bisa didapatkan tanpa resep dokter, tapi harus tetap memperhatikan dosis dan petunjuk penggunaannya. Obat ini mengandung ibuprofen sebagai bahan aktifnya. Selain meredakan nyeri gigi, Bufect Sirup juga dapat digunakan untuk menurunkan demam pada anak. Bufect Sirup termasuk dalam golongan obat anti nyeri atau NSAID (Nonsteroidal Anti-Inflammatory Drugs), yang berfungsi mengurangi peradangan dan menghambat zat penyebab nyeri.

7. Hufagripp TMP Sirup

Obat ini berguna untuk meredakan nyeri dan bengkak pada gusi, serta menurunkan demam. Hufagripp TMP Sirup dapat digunakan oleh anak berusia 1–12 tahun. Mengandung ibuprofen yang bekerja menghambat senyawa yang memicu peradangan, sehingga nyeri, bengkak, dan demam dapat mereda. Dosisnya adalah 3–4 kali sehari, setelah makan, dengan menggunakan alat takar yang tersedia pada kemasan.

8. Claneksi Sirup

Merupakan antibiotik yang mengandung dua bahan aktif, yaitu amoxicillin dan asam klavulanat. Kombinasi kedua bahan ini efektif dalam mengatasi berbagai jenis infeksi, termasuk yang terjadi di kulit, tulang, dan sendi. Untuk menggunakan obat ini, kamu perlu resep dari dokter, dan sangat penting untuk menghindari penggunaannya jika anak memiliki alergi terhadap penisilin.

9. Amoxsan Sirup

Amoxan sirup adalah antibiotik yang digunakan untuk mengobati sejumlah infeksi, seperti infeksi pada kulit, hidung, dan tenggorokan. Obat ini juga dapat diresepkan oleh dokter dalam kasus sakit gigi pada anak. Kandungan utama dalam Amoxsan adalah amoxicillin, yang bekerja efektif untuk menghentikan pertumbuhan bakteri penyebab infeksi. Pastikan penggunaan obat sesuai dengan resep dokter untuk mengurangi risiko efek samping, seperti reaksi alergi dan masalah gigi.

10. Cataflam Drops

Sebuah obat yang berguna untuk meredakan nyeri ringan hingga sedang, termasuk nyeri akibat sakit gigi pada anak. Obat ini mengandung bahan aktif diclofenac resinate yang efektif dalam mengurangi rasa sakit. Cataflam Drops dapat digunakan pada anak usia 6 tahun ke atas, tetapi karena termasuk dalam golongan obat keras, kamu harus mengikuti petunjuk dokter saat menggunakannya. Perlu diperhatikan bahwa obat ini dapat menyebabkan efek samping seperti mual, pusing, sakit kepala, diare, dan sakit perut.

11. Dentasol

Dentasol adalah obat sakit gigi yang mengandung benzocaine. Obat ini berfungsi sebagai anti nyeri lokal dan memberikan sensasi dingin di area gigi yang sakit, sehingga dapat memberikan rasa nyaman. Dentasol dioleskan langsung ke gigi menggunakan jari atau kapas. Perlu diperhatikan bahwa obat ini tidak boleh diberikan kepada anak di bawah usia 2 tahun.

 

Semua obat-obatan ini harus digunakan sesuai dengan petunjuk dosis yang ada pada kemasan atau sesuai dengan anjuran dokter. Pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli kesehatan sebelum memberikan obat kepada anak, terutama jika anak memiliki kondisi kesehatan khusus atau sedang mengonsumsi obat-obatan lain.

Rekomendasi Klinik Gigi Anak

Rekomendasi Klinik Gigi Anak

Memilih klinik gigi untuk anak tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Kamu butuh memperhatikan kebersihan dan kualitas dari klinik tersebut sebelum membawa anak atau adikmu berobat ke sana. Itu sebabnya, berikut ini rekomendasi klinik gigi anak yang bisa kamu pilih:

Selain dari tiga cabang di atas, Satu Dental membuka cabang di berbagai daerah di Jakarta, dan juga di Cibubur, Depok, Bekasi, Tangerang, Bogor.

 

Itulah tadi informasi lengkap mengenai obat sakit gigi anak yang aman beserta rekomendasi klinik gigi untuk anak. Pastikan kamu tidak menunda untuk membawa anak berkonsultasi ke dokter jika merasakan sakit gigi sebelum bertambah parah dan muncul penyakit baru. Semoga informasi di atas bermanfaat!

Artikel lainnya

Cabang Klinik Gigi SATU Dental

Buat Jadwal di Klinik SATU Dental