Klinik Gigi SATU Dental

10 Obat Sakit Gigi yang Ampuh dan Aman

10 Obat Sakit Gigi yang Ampuh dan Aman

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Breadcrumb

Sakit gigi seringkali menimbulkan ketidaknyamanan bagi siapapun yang merasakannya. Biasanya, ketika rasa sakit gigi muncul, kamu akan menjadi lebih sensitif terhadap suara dan berkurang nafsu makan. Apalagi jika sakit gigi terjadi hingga menyebabkan gusi membengkak, rasa tidak nyaman yang dirasakan akan bertambah 2 kali lipat.


Namun, tidak perlu khawatir, karena ada beberapa pilihan obat sakit gigi yang bisa kamu pilih salah satunya untuk dikonsumsi ketika sakit gigi muncul. Klinik gigi SATU Dental akan membagikan 10 daftar obat sakit gigi yang ampuh dan aman untuk dikonsumsi.

Table of Contents

10 Obat Sakit Gigi yang Ampuh dan Aman

1. Ponstan

1. Ponstan

Untuk kamu yang sering mengalami sakit gigi, mungkin tidak lagi asing dengan obat ponstan. Pada setiap tabletnya, ponstan mengandung 500 mg asam mefenamat yang tergolong sebagai obat anti-inflamasi dan anti-nyeri pada tingkat sedang. Obat ponstan diyakini ampuh dalam mengatasi sakit gigi bahkan hingga sakit pada kepala. 

 

Namun kamu tetap perlu anjuran dokter dalam mengkonsumsi obat-obatan, seperti ponstan yang biasanya dikonsumsi orang dewasa sebanyak 3 x 1 sehari. Pastikan kamu sudah makan terlebih dahulu sebelum minum obat ponstan.

2. Panadol Extra

Panadol Extra juga merupakan salah satu obat yang ampuh untuk mengatasi sakit gigi. Mengandung 500 mg paracetamol, panadol dapat membantu untuk mengurangi rasa sakit pada gigi. Obat ini bisa dikonsumsi dalam rentang waktu 4 jam sekali, namun tidak disarankan mengkonsumsi 8 kaplet atau lebih dalam waktu 24 jam.

3. Cataflam

Obat sakit gigi cataflam mengandung 50 mg potassium diclofenac pada setiap tabletnya. Cataflam tergolong ke dalam obat anti-inflamasi non-steroid yang dapat mengurangi rasa sakit pada gigi hingga mengatasi radang. Biasanya, dosis cataflam untuk orang dewasa 2-3 x 1 sehari. Tetapi akan jauh lebih baik, jika kamu mengkonsumsi obat sesuai anjuran dokter, ya.

4. Bodrex Extra

Bodrex biasanya dikenal sebagai obat penurun demam, namun pada varian bodrex extra mengandung paracetamol, caffeine, dan ibuprofen yang dapat membantu menghilangkan sakit kepala hingga sakit gigi. Paracetamol yang terkandung pada setiap tablet bodrex berjumlah 350 mg, caffeine 50 mg, dan ibuprofen 200 mg. Dosis untuk orang dewasa di atas 12 tahun, biasanya sebanyak 1-2 kaplet, dalam jangka waktu 3 sampai 4 kali sehari.

5. Ibuprofen 400 mg

Adapun ibuprofen yang bisa dikonsumsi sesuai petunjuk dokter, untuk meredakan sakit gigi. Karena tergolong obat anti-inflamasi non-steroid, ibuprofen dapat meredakan rasa nyeri pada gigi dan juga peradangan. Pada umumnya, ibuprofen dikonsumsi sebanyak 3-4 x 1 sehari.

6. Mefinal 500 mg

6. Mefinal 500 mg

Mefinal juga merupakan obat sakit gigi yang mengandung asam mefenamat sebanyak 500 mg pada setiap tabletnya. Obat ini bisa mengatasi sakit gigi yang disebabkan oleh permasalahan gigi berlubang. Dosis untuk orang dewasa sekitar 3 x 1 sehari.  

7. Asam Mefenamat 500 mg

7. Asam Mefenamat 500 mg

Obat sakit gigi lainnya yang bisa kamu konsumsi adalah asam mefenamat 500 mg. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, asam mefenamat tergolong obat anti-nyeri sehingga dapat meredakan sakit pada gigi. Orang dewasa dapat mengkonsumsi obat ini sebanyak 3 x 1 sehari.

8. Sumagesic

8. Sumagesic

Sumagesic juga termasuk ke dalam obat yang dapat meredakan sakit gigi secara aman dan ampuh. Selain itu, mengkonsumsi sumagesic juga dapat membantu untuk menghilangkan nyeri kepala yang terasa berdenyut. Orang dewasa dapat mengkonsumsi obat ini 3 x 1 sehari. Pastikan kamu tidak memiliki sensitif yang cukup tinggi terhadap paracetamol, karena sumagesic mengandung 600 mg paracetamol di dalamnya.


Baca juga: 11 Obat Sakit Gigi Anak yang Aman dan Ampuh Redakan Nyeri

9. Dentasol

9. Dentasol

Berbeda dari obat-obat di atas, dentasol memiliki tekstur cair yang cara penggunaannya cukup dioleskan pada gigi yang sakit menggunakan kapas. Dentasol mengandung benzocaine dan antiseptik, sehingga dapat mengatasi rasa sakit gigi akibat gusi yang meradang. Walaupun dentasol bisa dioleskan tanpa resep dokter, tetap gunakan obat secara bijak.

10. Paramex

10. Paramex

Terakhir ada paramex yang mengandung paracetamol dan caffeine di dalamnya. Obat paramex bisa mengobati sakit gigi dan juga sakit kepala. Dosis yang bisa digunakan pada orang dewasa sebanyak 2-3 x 1 sehari.

 

Baca juga: 8 Penyebab Sakit Gigi, Gejala dan Cara Mengobatinya

Tips Mencegah Sakit Gigi

Untuk mencegah sakit gigi, kamu bisa melakukan upaya-upaya di bawah ini:

 

  • Menyikat gigi secara rutin setiap pagi setelah sarapan dan juga malam hari sebelum tidur. Sikatlah gigi dengan tata cara yang benar agar gigi terjaga kebersihan dan kesehatannya.
  • Lakukan juga flossing gigi, untuk membersihkan sisa makanan penyebab gigi berlubang yang berujung membuat gigi menjadi sakit dan sensitif.
  • Jangan lupa untuk menggunakan pasta gigi dengan kandungan fluoride yang bisa membantu untuk menjaga kesehatan gigi agar tetap putih dan kuat. Selain itu, kandungan fluoride juga bisa membantu untuk menghambat pertumbuhan bakteri penyebab gigi berlubang.
  • Gunakan pasta gigi yang tepat supaya dapat menjangkau hingga gigi bagian belakang. Pastikan sikat memiliki bulu yang lembut, supaya tidak merusak lapisan terluar gigi.
  • Mengurangi konsumsi makanan dan minuman dengan kandungan gula tinggi, karena seringkali menjadi penyebab utama gigi terasa sakit dan nyut-nyutan. Makanan manis, dapat membantu bakteri untuk berkembang biak lebih mudah.
  • Menggunakan obat kumur juga bisa kamu lakukan untuk memastikan bahwa gigi benar-benar bersih dari sisa makanan, sehingga tidak ada ruang untuk bakteri dapat bertumbuh. Hindari obat kumur yang di dalamnya terkandung alkohol, dan gunakanlah obat kumur dengan kandungan hidrogen peroksida sebanyak 3 persen.
  • Kunjungi klinik gigi secara rutin setiap 6 bulan sekali untuk melakukan perawatan gigi.

 

Nah, itu dia merupakan beberapa rekomendasi obat sakit gigi yang ampuh dan aman serta tips untuk mencegah sakit gigi. Lalu, untuk perawatan gigi yang aman dan terpercaya, kamu bisa lakukan di cabang klinik gigi SATU Dental yang berlokasi di Jakarta, Bogor, Depok, Cibubur, Tangerang, dan juga Bekasi. 

Cabang Klinik Gigi SATU Dental

Buat Jadwal di Klinik SATU Dental