Klinik Gigi SATU Dental

4 Obat Gusi Bengkak karena Gigi Berlubang

4 Obat Gusi Bengkak karena Gigi Berlubang

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Breadcrumb

Gusi bengkak karena gigi berlubang pasti menimbulkan sakit yang tidak tertahankan, bahkan membuat penderitanya sulit tidur. Kondisi ini nyatanya tidak bisa dianggap remeh, dan harus mendapatkan penanganan yang tepat sebelum menimbulkan penyakit lainnya yang lebih parah, dan membutuhkan biaya yang lebih besar lagi nantinya. Oleh sebab itu, penting untukmu mengetahui semua informasi mengenai hal ini agar bisa menanganinya dengan benar.

 

Nah, berikut ini informasi dan penjelasan lengkap dari Satu Dental mengenai gusi bengkak karena gigi berlubang beserta penyebab, obat, dan klinik gigi yang dianjurkan. Jangan salah pilih obat, baca artikel di bawah ini sampai selesai, ya.

Table of Contents

Penyebab Gusi Bengkak

Ada berbagai penyebab mengapa gusi bisa bengkak bahkan sampai bernanah, berikut ini penyebab gusi bengkak yang perlu kamu ketahui:

  • Gusi yang bengkak dan terjadi nanah sering kali disebabkan oleh kondisi gingivitis atau radang gusi. Pemicunya adalah penumpukan plak pada gigi, yang merupakan lapisan lengket dan tidak terlihat yang terdiri dari sisa-sisa makanan, air liur, dan kotoran. Jika plak tidak dihilangkan, itu dapat mengeras menjadi karang gigi, yang dapat mengiritasi gusi dan menyebabkan peradangan serta nanah.

  • Gigi yang berlubang juga dapat menjadi penyebab gusi yang bengkak dan bernanah. Gigi yang berlubang memberikan jalur masuk bagi bakteri, yang bisa berkembang di dalamnya dan menyebabkan peradangan bahkan abses, yang merupakan kantong nanah. Abses yang tidak diobati dapat berkembang dan menyebabkan infeksi pada gusi di sekitarnya, yang pada gilirannya menyebabkan pembengkakan dan nanah pada gusi.

  • Infeksi yang disebabkan oleh berbagai mikroorganisme seperti bakteri, jamur, virus, atau parasit di dalam mulut dan pada lidah juga dapat menjadi penyebab gusi yang bengkak. Tanpa pengobatan yang tepat, infeksi ini bisa menjadi lebih serius dan menyebabkan gusi berisi nanah.

  • Terkadang, kekurangan nutrisi dalam tubuh dapat menyebabkan gusi menjadi bengkak dan bernanah. Kekurangan nutrisi dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh dan jaringan tubuh, membuatnya lebih rentan terhadap infeksi di dalam mulut dan pada gusi. Akibatnya, gusi bisa mengalami pembengkakan dan infeksi, yang menjadi penyebab gusi yang bengkak dan bernanah.

Obat Gusi Bengkak karena Gigi Berlubang

Obat Gusi Bengkak karena Gigi Berlubang

Jika kamu mengalami gusi bengkak karena gigi berlubang, berikut ini beberapa obat yang bisa kamu pilih untuk meredakan sakitnya. Dilansir Hello Sehat, sebaiknya kamu memperhatikan dosis dan anjuran pakai sebelum meminumnya, ya.

1. Hidrogen Peroksida

Untuk meredakan pembengkakan pada gusi, salah satu cara yang dapat digunakan adalah berkumur menggunakan larutan hidrogen peroksida. Kamu bisa membeli larutan ini di apotek tanpa perlu resep dokter. Hidrogen peroksida adalah antiseptik cair yang efektif melawan bakteri yang dapat menyebabkan masalah pada gigi dan gusi, seperti radang gusi dan sariawan. 

 

Fungsi utamanya adalah membersihkan area mulut dengan mengangkat sel-sel kulit mati. Namun, perlu diingat untuk encerkan larutan hidrogen peroksida dengan sedikit air sebelum berkumur, karena bentuk murninya dapat merusak gusi dan mulut.

2. Paracetamol

Sudah tidak asing lagi, Paracetamol adalah obat yang aman digunakan oleh berbagai kelompok usia, mulai dari bayi yang berusia di atas dua bulan, ibu hamil, ibu menyusui, hingga lansia. Meskipun demikian, dosis dan frekuensi penggunaan paracetamol dapat bervariasi antara individu. Umumnya, paracetamol bisa diminum setiap 4–6 jam sekali dalam sehari. 

 

Dosis yang aman berbeda-beda, misalnya dosis untuk orang dewasa berkisar antara 500 mg hingga satu gram. Bayi usia dua bulan hingga dua tahun sebaiknya menerima dosis antara 60–120 mg. Pastikan untuk mengikuti petunjuk dosis pada kemasan atau berkonsultasi dengan dokter sebelum mengkonsumsinya. Orang dengan riwayat penyakit hati, ginjal, atau alergi terhadap Paracetamol sebaiknya tidak menggunakan obat ini.

3. Ibuprofen

Ibuprofen adalah obat yang efektif dalam mengatasi pembengkakan pada gusi dan memiliki kemampuan meredakan radang serta demam yang mungkin menyertai kondisi tersebut. Perlu diingat bahwa ibuprofen memiliki efek yang lebih kuat daripada paracetamol, sehingga penggunaannya harus dilakukan dengan hati-hati. 

 

Dosis ibuprofen untuk orang dewasa berkisar antara 200–400 mg, diminum setiap 4–6 jam sekali sesuai kebutuhan. Untuk anak-anak usia 6 bulan hingga 12 tahun, dosisnya berkisar antara 4–10 mg, diminum setiap 6–8 jam sesuai kebutuhan. Penting untuk mengkonsumsi obat ini setelah makan untuk menghindari efek samping dan risiko perdarahan pada perut. Jika kamu mengalami efek samping yang serius, seperti nyeri dada, sesak nafas, sakit kepala parah, atau feses berwarna hitam, segera hentikan penggunaan dan konsultasikan dengan profesional medis.

4. Chlorhexidine

Adalah sejenis obat antiseptik yang digunakan untuk mencegah pertumbuhan bakteri yang dapat menyebabkan pembengkakan pada gusi. Terdapat beberapa bentuk chlorhexidine, termasuk salep, larutan, dan obat kumur. Untuk mengobati gusi yang bengkak, varian obat kumurlah yang biasanya digunakan. 

 

Gunakan obat ini setelah menyikat gigi, dan hindari makan dan minum selama beberapa waktu setelah berkumur agar chlorhexidine dapat bekerja dengan optimal. Juga, penting untuk memberi tahu dokter jika kamu memiliki riwayat periodontitis atau baru saja menjalani perawatan gigi seperti pemasangan veneer atau penambalan gigi.

Rekomendasi Klinik Gigi untuk Mengatasi Gigi Berlubang

Ketika sakit berlanjut padahal sudah minum obat, sebaiknya kamu segera berkonsultasi dengan dokter gigi untuk melakukan penanganan lebih lanjut. Berikut ini rekomendasi klinik gigi yang bisa kamu tuju.

  • SATU Dental City Resort Cengkareng
    Jl. City Resort No.61, RT.7/RW.14, Cengkareng Tim., Kecamatan Cengkareng, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11730
  • SATU Dental Muara Karang
    Jalan Pluit Karang Timur no 5. , Blok L9 Timur Kav. No 25, Jakarta Utara
  • SATU Dental Cempaka Putih
    Jln. Cempaka Putih Raya No. 116 D , Jakarta Pusat, 10510

Selain dari tiga cabang di atas, Satu Dental juga membuka berbagai cabang lainnya di Jakarta, dan di Depok, Bogor, Cibubur, Tangerang, dan Bekasi.

 

Itulah tadi informasi dan penjelasan lengkap mengenai obat gusi bengkak karena gigi berlubang, beserta penyebab dan rekomendasi klinik gigi. Jangan lupa untuk selalu melakukan perawatan kebersihan gigi sejak dini untuk menghindari terjadinya masalah serius di masa depan, ya.

Artikel lainnya

Cabang Klinik Gigi SATU Dental

Buat Jadwal di Klinik SATU Dental