Klinik Gigi SATU Dental

6 Tips Jika Lupa Menggosok Gigi, Anti Bau Mulut!

6 Tips Jika Lupa Menggosok Gigi, Anti Bau Mulut!

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Breadcrumb

Apa yang kamu lakukan jika lupa menggosok gigi? Jangan sampai kamu jadi tidak percaya diri beraktivitas seharian akibat lupa sikat gigi. 

 

Sebenarnya hal tersebut jangan sampai terjadi ya, tetapi jika sudah terlanjur lupa, Klinik Gigi SATU Dental akan membagikan tips jika kamu lupa menggosok gigi.

Table of Contents

Tips Jika Kamu Lupa Menggosok Gigi

Ada beberapa tips yang bisa dilakukan ketika kamu lupa menggosok gigi. 

 

Simak di bawah ini untuk mengetahui upaya yang dapat dilakukan sebagai alternatif ketika jadwal sikat gigi terlewat:

1. Mengunyah Permen Karet

1. Mengunyah Permen Karet

Untuk menjawab pertanyaan apa yang kamu lakukan jika lupa menggosok gigi, yang pertama bisa dilakukan adalah mengunyah permen karet. 

 

Pastikan kamu memilih permen karet tanpa gula, karena permen karet yang mengandung gula malah akan merusak gigimu.  Permen karet bebas gula, dapat membantu menghilangkan asam di dalam mulut, serta mengangkat sisa makanan yang tersangkut di gigi. Dengan begitu, gigi tetap terjaga kebersihannya.

2. Perbanyak Minum Air Mineral

Kamu juga bisa memperbanyak konsumsi air mineral untuk menjaga agar mulut tidak kering.  Mulut yang kering dapat menjadi sarang bertumbuhnya bakteri penyebab, jadi pastikan kamu selalu menjaga agar mulut tidak kering.  Selain itu, minum banyak air mineral juga dapat membantu untuk membersihkan gigi secara perlahan.

3. Berkumur dengan Obat Kumur

Apa yang kamu lakukan jika lupa menggosok gigi yang ketiga adalah berkumur menggunakan obat kumur. Obat kumur dapat membantu untuk membunuh bakteri yang ada di dalam mulut, dan juga membersihkan sisa-sisa makanan yang menempel di gigi. 

 

Selain itu, penggunaan obat kumur juga dapat menghilangkan bau mulut, sehingga mulut terasa lebih segar.


Baca juga: 7 Penyebab Gusi Berdarah Saat Sikat Gigi dan Tips Mencegahnya

4. Lakukan Flossing Gigi

Flossing gigi juga bisa dijadikan pilihan untuk membersihkan sisa-sisa makanan yang terselip di sela-sela gigi.  Dengan begitu, walau lupa menyikat gigi, sisa makanan tetap dapat terangkat secara cepat. 

 

Jadi tidak perlu khawatir akan timbulnya plak yang dapat menyebabkan karang gigi.

5. Berkumur Menggunakan Air

5. Berkumur Menggunakan Air

Jika lupa menggosok gigi dan tidak memiliki obat kumur untuk digunakan, kamu tetap bisa membersihkan gigi walaupun hanya berkumur menggunakan air bersih. 

 

Berkumur cukup membantu untuk membersihkan sisa-sisa makanan yang tersangkut pada permukaan gigi geraham. Berkumur secara perlahan, supaya sisa makanan dapat terangkat.

6. Hindari Makanan Manis

Hal yang kamu lakukan saat lupa menggosok gigi yang terakhir adalah dengan menghindari makanan manis dan juga asam yang dapat memperburuk kondisi gigi dan mulut yang tidak dibersihkan. 

 

Jadi, ketika lupa menggosok gigi, kurangi dulu mengonsumsi makanan yang mengandung gula dan asam berlebih.

Akibat Jika Sering Lupa Menggosok Gigi

Sering lupa menggosok gigi memiliki banyak dampak yang buruk bagi kesehatan gigi dan mulut. Berikut ini dampak yang terjadi ketika sering lupa menggosok gigi: 

1. Gigi Berlubang

Gigi berlubang menjadi permasalahan yang paling sering terjadi ketika kamu sering lupa menggosok gigi. 

 

Kemunculan gigi berlubang sendiri dikarenakan sisa-sisa makanan yang dibiarkan menumpuk, sehingga berubah menjadi plak gigi. 

 

Plak tersebut lama kelamaan dapat merusak lapisan gigi, hingga akhirnya menyebabkan gigi menjadi berlubang. Tak berhenti sampai di situ, gigi berlubang juga dapat mengakibatkan polip pulpa jika diabaikan dan tidak ditangani.

2. Bau Mulut

Sering tidak menyikat gigi juga dapat menyebabkan permasalahan bau mulut. Sisa makanan yang tertinggal akan diuraikan menjadi gas sulfur oleh bakteri, sehingga mulailah muncul bau tidak sedap. 

 

Bau mulut dapat mengganggu aktivitas terutama saat berkomunikasi dengan orang lain. 

3. Radang Gusi

Tak hanya menyebabkan permasalahan pada gigi, sering lupa menggosok gigi juga dapat memberikan dampak buruk pada gusi. 

 

Radang gusi dapat terjadi akibat plak yang menumpuk di gigi mulai mengenai gusi dan menginfeksi gusi. 

 

Biasanya radang gusi dapat dideteksi dengan memperhatikan warna gusi yang lebih merah dibanding biasanya, gusi mulai membengkak dan meradang. Akibatnya, gusi jadi lebih sensitif terhadap makanan dingin dan panas.

4. Periodontitis

Periodontitis juga menjadi salah satu penyakit yang dapat muncul ketika kamu melupakan sikat gigi. 

 

Periodontitis merupakan kelanjutan dari radang gusi, dan lebih berbahaya karena infeksi pada periodontitis dapat merusak jaringan lunak, gigi, hingga tulang penyangga yang bisa menyebabkan gigi menjadi terlepas.

5. Abses Gigi

Sering lupa menggosok gigi juga dapat menyebabkan abses gigi. Abses gigi merupakan sebuah benjolan yang berisikan nanah yang berada di akar gigi. 

 

Apabila tidak ditangani, abses gigi bisa menyebabkan berbagai permasalahan lainnya yang lebih berbahaya.

6. Karies Gigi

Karies gigi juga termasuk ke dalam salah satu permasalahan yang dapat terjadi ketika lupa menyikat gigi. 

 

Karies dapat merusak struktur gigi dan mengubah warna gigi jadi lebih menguning, sehingga dapat mengganggu penampilan gigi.

 

Permasalahan gigi tersebut juga ternyata bisa menyebabkan permasalahan pada organ dalam lainnya. 

 

Infeksi bakteri yang terjadi akibat tidak menggosok gigi ternyata dapat menyebar ke pembuluh darah hingga menyebabkan penyakit kardiovaskular, pneumonia, dan juga gangguan pada kehamilan. 

 

Baca juga: Plak Gigi: Penyebab dan Cara Menghilangkannya

 

Itu dia beberapa cara yang bisa kamu lakukan ketika kamu lupa untuk menyikat gigi. Namun kamu harus terus memastikan untuk tidak lupa menyikat gigi ya. 

 

Menyikat gigi sangatlah penting dilakukan untuk menghindari berbagai permasalahan yang dapat terjadi ketika kamu sering tidak menyikat gigi.

 

Selain dengan menyikat gigi, kamu bisa melakukan perawatan gigi dengan mengunjungi cabang klinik gigi SATU Dental yang ada di daerah Jakarta, Bogor, Tangerang, Bekasi, Depok, dan juga Cibubur.

Cabang Klinik Gigi SATU Dental

Buat Jadwal di Klinik SATU Dental