Klinik Gigi SATU Dental

Karies Gigi: Pengertian, Penyebab, dan Cara Mengobati

Karies Gigi: Pengertian, Penyebab, dan Cara Mengobati

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Breadcrumb

Gigi menjadi salah satu bagian dari tubuh yang perlu dirawat dengan baik dan benar. Gigi mempunyai peran penting dalam proses berbicara, sistem pencernaan manusia, hingga menjadi lambang kecantikan. Namun, perawatan yang kurang baik akan menimbulkan penyakit serius pada gigi yang bisa mengganggu, hingga mengurangi efektivitas kinerja gigi.

Karies gigi adalah penyakit yang seringkali muncul dan membuat gigi menjadi terlihat tidak sehat lagi. Satu Dental akan membantu untuk mengupas habis terkait karies dan menjelaskan lebih lengkapnya mengapa karies gigi dapat terjadi, cara mengobati karies gigi, hingga klinik gigi yang dapat dikunjungi untuk mengobati karies. Simak ulasannya di bawah ini.

Table of Contents

Apa itu Karies Gigi?

Banyak sekali orang yang mengira bahwa karies sama dengan gigi berlubang. Namun ternyata, karies gigi adalah suatu keadaan di mana terjadinya kerusakan pada lapisan struktur gigi, yang biasanya disebabkan oleh bakteri. Daripada dibilang sama dengan gigi berlubang, karies justru lebih tepat dikatakan sebagai penyebab gigi dapat berlubang, akibat karies yang dibiarkan begitu saja tanpa pengobatan.

 

Jadi, karies gigi adalah penyakit yang menyebabkan permasalahan lain pada gigi seperti membuat lubang pada gigi, yang pada akhirnya gigi menjadi sensitif dan mudah sakit.

Penyebab Karies Gigi

Penyebab Karies Gigi

Tidak akan ada akibat apabila tidak ada sebabnya. Kalimat tersebut juga berlaku pada karies gigi yang memang bisa muncul karena disebabkan oleh beberapa faktor berikut ini.

 

  • Bakteri streptococcus mutans menjadi bakteri penyebab karies yang paling umum. Bakteri ini bekerja mengubah sisa-sisa makanan seperti karbohidrat yang menempel pada gigi menjadi senyawa asam, yang akhirnya bisa merusak lapisan gigi.
  • Sisa-sisa makanan yang tidak dibersihkan juga bisa menyebabkan plak menumpuk. Plak gigi yang dibiarkan menumpuk terlalu lama bisa menyebabkan enamel gigi kehilangan mineral dan bisa memicu kemunculan karies gigi. Asam dari plak bisa mengikis hingga ke bagian dalam gigi atau yang biasa disebut dentin. Jika dentin sudah terkena pengikisan oleh asam, gigi akan menjadi lebih sensitif.
  • Penyebab paling utama dari karies gigi adalah kebersihan gigi yang kurang dijaga. Jika tidak melakukan sikat gigi secara rutin setiap hari, dapat menjadi penyebab plak gigi menumpuk. Parahnya karies dapat muncul pada gigi yang kurang bersih, dan menyebabkan gigi berlubang.
  • Memakan makanan manis juga bisa memicu karies gigi anak yang biasanya lebih sering mengkonsumsi makanan manis. Selain pada anak, karies juga bisa menyerang orang dewasa.

Cara Mengobati Karies Gigi

1. Bor dan Tambal Gigi

Bor dan Tambal Gigi

Sebelum karies menyebabkan gigi berlubang yang lebih parah, salah satu cara mengatasi karies gigi adalah dengan melakukan pengeboran pada bagian gigi yang terkena karies. Setelah itu, penambalan gigi akan dilakukan di bagian ruang kosong pada gigi akibat pengeboran di awal. Penambalan gigi wajib dilakukan apabila lubang pada gigi sudah semakin parah.

 

Baca Juga: Berapa Biaya Tambal Gigi Berlubang? Prosedur dan Jenis Tambalan Gigi

2. Saluran Akar (Saraf Gigi)

Kerusakan gigi akibat karies tidak hanya terjadi pada lapisan terluar gigi saja, namun bisa menyerang hingga ke bagian dalam gigi seperti saluran akar. Jika sudah separah itu, penanganan yang dilakukan biasanya merupakan pengangkatan saraf-saraf yang sudah terlanjur mati.

3. Pemasangan Mahkota Gigi

Karies benar-benar bisa menimbulkan dampak yang cukup buruk bagi gigi. Pada kasus karies yang sudah semakin parah, gigi akan lebih rentan rusak dan patah akibat pengikisan oleh asam dari sisa-sisa makanan yang menumpuk di gigi. 


Pemasangan mahkota gigi ini hanya dilakukan pada gigi yang sudah benar-benar rusak dan tidak lagi bisa hanya dilakukan pengobatan biasa saja. Dokter akan mencoba untuk memperbaiki dan membuat mahkota yang sesuai dengan gigi kamu.

4. Cabut Gigi

4. Cabut Gigi

Pencabutan gigi akan menjadi jalan yang efektif ketika gigi sudah parah lubangnya. Gigi berlubang yang dibiarkan tidak dicabut, juga bisa menimbulkan penyakit lainnya. 

Klinik Gigi untuk Mengobati Karies Gigi

Kunjungi klinik gigi yang terjamin dan terpercaya untuk mengobati karies pada gigi.

  • Klinik Gigi Satu Dental City Resort Cengkareng

Konsultasi terkait penanganan karies gigi bisa dilakukan di klinik gigi Satu Dental yang beralamat di Jl. City Resort No.61, RT.7/RW.14, Cengkareng Tim., Kecamatan Cengkareng, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11730.

  • Klinik Gigi Satu Dental Sawangan Depok

Klinik gigi satu dental juga ada yang berlokasi di daerah Sawangan, dengan alamat lengkapnya di Jl. Raya Sawangan No.32-3, Mampang, Kec. Pancoran Mas, Kota Depok, Jawa Barat 16433.

  • Klinik Gigi Satu Dental Bintaro

Bagi yang berada di daerah Tangerang, penanganan karies gigi bisa dilakukan langsung dengan datang ke klinik gigi satu dental yang berlokasi di Ruko Graha Matercella E.84, Jl. Bintaro Utama 3A, Bintaro Jaya sektor 3, RT.02 RW.04, Pondok Karya, Pondok Aren, Tangerang Selatan.

  • Klinik Gigi Satu Dental Kota Wisata Cibubur

Untuk yang ada di daerah Cibubur, klinik gigi Satu Dental untuk mengatasi karies gigi tersedia di Ruko Oregon TCR 31, Jl. Raya Kota Wisata, Ciangsana, Kec. Gn. Putri, Kabupaten Bogor, Jawa Barat 16968.

  • Klinik Gigi Satu Dental Grand Galaxy Bekasi

Daerah Bekasi bisa melakukan penanganan karies gigi di klinik gigi satu dental yang beralamat di Ruko Grand Galaxy City Jl. Boulevard Raya Barat Blok RGG No. 7, RT.001/RW.018, Jaka Setia, Kec. Bekasi Sel., Kota Bekasi, Jawa Barat 17147.

Jika kamu mulai merasakan gejala karies seperti gigi yang sakit tanpa sebab dan muncul bercak putih kekuningan pada gigi, jangan lupa untuk segera datang ke klinik dokter gigi untuk mengetahui permasalahan yang sebenarnya terjadi pada gigi dan memperoleh penanganan yang tepat.

Artikel lainnya

Cabang Klinik Gigi SATU Dental

Buat Jadwal di Klinik SATU Dental