Klinik Gigi SATU Dental

5 Jenis Gigi Palsu Ternyaman dan Cara Merawatnya

5 Jenis Gigi Palsu Ternyaman dan Cara Merawatnya

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Breadcrumb

Gigi palsu atau yang juga dikenal dengan istilah gigi tiruan adalah solusi yang umum digunakan untuk menggantikan gigi yang hilang. Selain memberikan estetika yang lebih baik, gigi palsu juga berperan penting dalam fungsi pengunyahan dan berbicara. Ada berbagai jenis gigi palsu yang tersedia, yang menawarkan kenyamanan dan kemudahan pemeliharaan yang berbeda.

Ada beragam jenis gigi palsu beserta kelebihan dan kekurangannya masing-masing, kira-kira seperti gigi palsu ternyaman yang cocok untuk kamu? Klinik Gigi SATU Dental akan menjelaskan dan menjawab semua keraguanmu. Yuk, temukan jawabannya di sini.

Table of Contents

Apa Itu Gigi Palsu

Apa Itu Gigi Palsu

Gigi palsu merupakan gigi pengganti yang dibuat untuk menggantikan gigi yang hilang atau tanggal. Gigi palsu umumnya terbuat dari bahan seperti akrilik (plastik), nilon, atau logam, dan bisa dilepas.

 

Gigi palsu atau gigi tiruan sering kali dikaitkan dengan perawatan untuk orang tua. Pada usia berapapun seseorang kehilangan gigi permanen, pemasangan gigi palsu tetap direkomendasikan.

 

Pemasangan gigi palsu bukan hanya dilakukan untuk alasan estetika semata. Gigi palsu juga digunakan untuk mengatasi masalah yang timbul akibat adanya celah antar gigi yang dapat menyebabkan kesulitan saat makan, berbicara, dan bahkan pergeseran gigi yang ada ke dalam ruang yang kosong.

Kelebihan dan Kekurangan Gigi Palsu

Gigi palsu memiliki kelebihan dan kekurangan yang perlu dipertimbangkan sebelum memutuskan untuk menggunakannya. Berikut adalah beberapa kelebihan dan kekurangan gigi palsu:

 

  • Kelebihan Gigi Palsu
    • Gigi palsu memungkinkan penggunanya untuk memulihkan fungsi pengunyahan dan kemampuan bicara yang mungkin terganggu akibat kehilangan gigi.
    • Gigi palsu dapat memperbaiki penampilan gigi yang hilang, memberikan senyum yang lebih estetis dan meningkatkan kepercayaan diri.
    • Gigi palsu merupakan solusi yang lebih terjangkau dan dapat diakses dibandingkan dengan prosedur restorasi gigi yang lebih kompleks. Pilihlah harga gigi palsu ternyaman dan sesuai dengan kebutuhan.
    • Perawatan gigi palsu umumnya cukup mudah, termasuk membersihkannya dengan sikat gigi dan menggunakan produk pembersih gigi palsu.

 

  • Kekurangan Gigi Palsu
    • Pada awalnya, gigi palsu mungkin terasa tidak nyaman di dalam mulut dan membutuhkan waktu penyesuaian.
    • Beberapa jenis makanan keras atau lengket mungkin sulit dikonsumsi dengan gigi palsu, membatasi pilihan makanan penggunanya.
    • Gigi palsu dapat mempengaruhi kemampuan merasakan makanan dengan akurasi, terutama jika pemasangannya tidak presisi.
    • Jika tidak dirawat dengan baik, gigi palsu dapat menyebabkan iritasi gusi, infeksi, atau kerusakan pada jaringan sekitar.

Jenis-jenis Gigi Palsu Ternyaman

Jenis-jenis Gigi Palsu Ternyaman

Terdapat beberapa varian gigi palsu yang dapat dibedakan menjadi dua kategori utama, yaitu gigi palsu lepasan dan gigi palsu permanen. Kedua jenis ini dapat dibagi lagi menjadi beberapa jenis yang berbeda.

1. Gigi Palsu Penuh

Gigi palsu penuh atau full denture adalah jenis gigi palsu yang digunakan ketika semua gigi di rahang atas atau bawah hilang.

 

Gigi palsu penuh biasanya terbuat dari bahan akrilik yang kuat dan tahan lama. Mereka didukung oleh jaringan lunak di dalam mulut dan mungkin memerlukan perekat gigi palsu untuk menjaga stabilitasnya.

 

Gigi palsu penuh dapat memberikan kenyamanan yang baik dan dapat dilepas-pasang dengan mudah untuk membersihkannya.

2. Gigi Palsu Sebagian Akrilik

Gigi palsu sebagian akrilik digunakan untuk menggantikan gigi geraham atas di sisi kiri dan kanan.

 

Pemasangan gigi ini dilakukan ketika hanya satu atau beberapa gigi yang hilang. Gigi palsu ini terbuat dari bahan akrilik dan dilengkapi dengan kawat untuk menghubungkan gigi palsu dengan gigi yang masih ada di rahang.

3. Gigi Palsu Sebagian Berbahan Lentur

Gigi palsu yang terbuat dari bahan lentur digunakan untuk menggantikan gigi geraham bawah di sisi kiri dan kanan.

 

Bentuknya hampir mirip dengan gigi palsu yang terbuat dari bahan akrilik. Namun, gigi palsu ini menggunakan bahan yang lebih lentur sehingga tidak memerlukan kawat untuk menempelkannya pada gusi.

 

Gigi tiruan ini memiliki ketebalan yang lebih tipis dan dapat disesuaikan dengan warna gusi. Dalam hal estetika, gigi palsu ini akan terlihat lebih baik daripada gigi palsu yang terbuat dari akrilik.

4. Gigi Palsu Implan

Gigi palsu implan adalah jenis gigi palsu permanen yang didukung oleh implan gigi yang tertanam di rahang.

 

Implan gigi adalah titanium atau bahan sejenis yang ditanamkan ke tulang rahang untuk meniru akar gigi asli.

 

Gigi palsu implan memberikan stabilitas yang lebih baik daripada gigi palsu penuh atau sebagian, dan memberikan penggunaan yang lebih nyaman.

5. Gigi Palsu Jembatan atau Cekat

Gigi palsu jembatan, atau yang dikenal sebagai gigi tiruan cekat (GTC) adalah jenis gigi palsu permanen yang dipasang di mulut dengan menggunakan perekat atau semen gigi.

 

Gigi tiruan cekat dapat berupa jembatan gigi palsu yang terbuat dari bahan porselen atau keramik, yang dipasang di atas gigi-gigi asli yang telah dipotong untuk menopangnya.

 

Jenis gigi palsu ini memberikan kestabilan yang baik dan memberikan rasa seperti gigi asli.

Cara Merawat Gigi Palsu

Terdapat beberapa tips umum yang dapat membantu Anda merawat gigi palsu dengan baik:

  • Gigi palsu perlu direndam setiap malam atau saat tidak digunakan

     

    Untuk merendam gigi palsu, campurkan air dengan larutan pembersih khusus yang dirancang untuk gigi palsu, dan biarkan gigi palsu terendam dalam larutan tersebut semalaman. Hindari menggunakan air panas karena dapat mengubah bentuk gigi palsu dan menyebabkan kerusakan.
  • Bersihkan gigi palsu dengan lembut dan menggunakan pasta gigi khusus

     

    Berihkan setidaknya dua kali sehari menggunakan sikat gigi lembut dan pasta gigi non-abrasif. Hindari menggunakan sikat gigi dengan bulu yang terlalu keras dan pasta gigi yang abrasif, karena dapat merusak bahan gigi palsu.
  • Hindari makanan dan minuman tertentu

     

    Hindari makan makanan yang terlalu keras atau lengket, karena dapat merusak atau melonggarkan gigi palsu. Potong makanan menjadi potongan kecil dan kunyah dengan hati-hati. Hindari juga meminum minuman panas.
  • Hindari kebiasaan mengunyah yang buruk

     

    Hindari kebiasaan buruk seperti menggigit kuku, menggigit pensil, atau mengunyah es. Hal ini dapat merusak gigi palsu dan mengurangi umur pakainya.
  • Periksakan gigi palsu secara teratur ke dokter gigi

     

    Dokter gigi akan memeriksa kondisi gigi palsu, membersihkannya dengan alat khusus, dan memberikan saran tentang perawatan yang tepat.

Perbedaan Gigi Palsu dan Implan Gigi

Gigi palsu dan implan gigi adalah dua solusi yang berbeda untuk menggantikan gigi yang hilang. Berikut ini adalah perbedaan antara keduanya:

 

  • Gigi palsu

    Gigi palsu adalah prostesis gigi yang dapat dilepas-pasang. Mereka terbuat dari bahan akrilik dan biasanya digunakan untuk menggantikan beberapa gigi yang hilang atau seluruh gigi pada rahang atas atau bawah. Gigi palsu dapat dikeluarkan dari mulut untuk membersihkannya dan saat tidur. Gigi palsu dapat menjadi pilihan yang lebih ekonomis daripada implan gigi.
  • Implan gigi

    Implan gigi adalah prosedur bedah di mana akar gigi palsu ditanamkan ke dalam rahang untuk menggantikan gigi yang hilang. Implan gigi terbuat dari bahan biokompatibel seperti titanium, yang menyatu dengan tulang rahang dalam proses yang disebut osseointegrasi. Setelah penyembuhan, mahkota gigi buatan akan ditempatkan di atas implan untuk memberikan fungsi dan penampilan yang mirip dengan gigi asli. Implan gigi dianggap sebagai solusi yang lebih permanen dan tahan lama daripada gigi palsu.

 

Mana yang lebih baik antara gigi palsu dan implan gigi tergantung pada beberapa faktor, termasuk jumlah gigi yang hilang, kondisi kesehatan mulut, keinginan estetika, dan anggaran.

 

Implan gigi umumnya dianggap sebagai solusi yang lebih baik dalam jangka panjang karena memberikan stabilitas dan kenyamanan yang lebih baik, serta memiliki tampilan yang lebih alami. Namun, prosedur implan gigi lebih kompleks dan membutuhkan waktu penyembuhan yang lebih lama dibandingkan dengan gigi palsu.

 

Untuk menentukan solusi terbaik bagi Anda, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter gigi atau spesialis implantologi gigi. Mereka akan mengevaluasi kondisi Anda dan memberikan rekomendasi yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda.

Dapatkan Gigi Palsu Ternyaman Anda

Dengan berbagai jenis gigi palsu yang menawarkan kenyamanan dan stabilitas yang berbeda, penting untuk melakukan konsultasi dengan dokter gigi untuk menentukan solusi terbaik yang sesuai dengan kondisi kesehatan gigi dan mulut Anda.

 

Dapatkan gigi palsu ternyaman Anda dengan mengunjungi Klinik Gigi SATU Dental terdekat untuk mendapat layanan pemasangan gigi palsu terbaik dan terpercaya.

 

Penting untuk menjaga kesehatan mulut dan gigi, serta menghindari kebiasaan yang dapat merusak kesehatannya. Disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter gigi guna mendapatkan nasihat mengenai kesehatan mulut dan gigi, serta melakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Artikel lainnya

Cabang Klinik Gigi SATU Dental

Buat Jadwal di Klinik SATU Dental