Klinik Gigi SATU Dental

Harga Pasang Gigi Palsu 1 Biji di Puskesmas, Klinik Gigi dan Rumah Sakit

Harga Pasang Gigi Palsu 1 Biji di Puskesmas, Klinik Gigi dan Rumah Sakit

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Breadcrumb

Memiliki gigi yang sehat dan lengkap tentu menjadi impian setiap orang. Namun, ada kalanya kehilangan gigi tak terelakkan karena berbagai alasan seperti kecelakaan, penyakit, atau usia lanjut. Bagi Anda yang mengalami hal tersebut, menggunakan gigi palsu bisa menjadi solusi terbaik. Nah, biasanya masih banyak orang yang ragu untuk menggunakan gigi palsu karena harganya yang mahal.

Daripada menduga-duga, lebih baik simak artikel ini karena akan membahas tentang harga pasang gigi palsu 1 biji di berbagai tempat, yaitu puskesmas, klinik gigi, dan rumah sakit. Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Table of Contents

Apa Itu Gigi Palsu

Apa Itu Gigi Palsu

Gigi palsu, juga dikenal sebagai gigi tiruan adalah alat prostetik yang digunakan untuk menggantikan gigi yang hilang. Gigi palsu dapat membantu seseorang dalam mengunyah makanan, berbicara, dan tentunya meningkatkan penampilan. Gigi palsu bisa terbuat dari berbagai bahan seperti resin akrilik, porselen, dan logam. Tergantung pada jenis dan bahan yang digunakan, gigi palsu bisa terlihat sangat alami dan nyaman digunakan.

Jenis-Jenis Gigi Palsu

Melansir Journal of Vocational Health Studies, terdapat beberapa jenis gigi palsu yang dapat Anda pilih sesuai dengan kebutuhan dan anggaran Anda:

  • Gigi Palsu Lepasan: Bisa dilepas-pasang sesuai kebutuhan. Umumnya digunakan oleh mereka yang kehilangan banyak gigi.
  • Gigi Palsu Permanen: Dipasang secara permanen dengan teknik implan gigi. Terasa lebih alami dan nyaman dibandingkan dengan gigi palsu lepasan.
  • Gigi Palsu Sebagian: Digunakan untuk menggantikan beberapa gigi yang hilang dan bisa dilepas-pasang.
  • Gigi Palsu Penuh: Menggantikan seluruh gigi di rahang atas atau bawah dan biasanya digunakan oleh mereka yang sudah tidak memiliki gigi asli sama sekali.

Baca Juga: Gigi Palsu Permanen: Definisi, Manfaat, Jenis dan Biaya

Daftar Harga Pasang Gigi Palsu 1 Biji

Harga pasang gigi palsu 1 biji dapat bervariasi tergantung tempat dan jenis gigi palsu yang Anda pilih. Berikut adalah perkiraan harga di beberapa tempat:

Harga Pasang Gigi Palsu 1 Biji di Puskesmas

Puskesmas biasanya menawarkan layanan kesehatan dengan biaya yang lebih terjangkau. Harga pasang gigi palsu di puskesmas bisa berkisar antara Rp200.000 hingga Rp500.000 per gigi, tergantung pada kebijakan masing-masing puskesmas dan jenis bahan yang digunakan. Walaupun harganya lebih murah, layanan di puskesmas seringkali terbatas pada jenis gigi palsu lepasan yang sederhana.

Harga Pasang Gigi Palsu 1 Biji di Klinik Gigi

Di klinik gigi, seperti Klinik Gigi SATU Dental, Anda bisa mendapatkan layanan yang lebih personal dan berkualitas. Harga pasang gigi palsu 1 biji di klinik gigi biasanya berkisar antara Rp500.000 hingga Rp8.000.000. Harga ini tergantung pada jenis gigi palsu yang dipilih dan bahan yang digunakan. Klinik gigi sering kali menawarkan pilihan gigi palsu yang lebih bervariasi, termasuk gigi palsu permanen dan gigi palsu dengan bahan yang lebih estetis seperti porselen.

Harga Pasang Gigi Palsu 1 Biji di Rumah Sakit

Rumah sakit biasanya memiliki fasilitas dan teknologi yang lebih lengkap dibandingkan puskesmas atau klinik gigi. Harga pasang gigi palsu di rumah sakit bisa lebih mahal, berkisar antara Rp1.000.000 hingga Rp8.000.000 per gigi. Rumah sakit biasanya menawarkan jenis gigi palsu yang lebih canggih dan nyaman, termasuk implan gigi yang permanen.

Kabar baiknya, BPJS Kesehatan dapat menanggung biaya pasang gigi palsu 1 biji, tetapi dengan beberapa syarat dan prosedur yang harus diikuti. Berikut adalah informasi detailnya:

  • Syarat: Pasien harus terdaftar sebagai anggota BPJS Kesehatan dan memiliki kepesertaan aktif. Jika terdapat kekurangan iuran, harus dibayarkan terlebih dahulu.
  • Prosedur: Pasien harus mengunjungi fasilitas kesehatan (faskes) pertama untuk mendapatkan pemeriksaan dan rekomendasi dari dokter gigi. Jika perlu, akan dirujuk ke faskes tingkat lanjutan.
  • Biaya: Biaya pasang gigi palsu 1 biji di BPJS Kesehatan berbeda-beda tergantung pada jumlah gigi yang hilang. Biaya rata-rata untuk masing-masing rahang sebesar Rp 250.000, dan untuk full protesa gigi sebesar Rp 1.100.000.

Namun, perlu diingat bahwa BPJS Kesehatan tidak sepenuhnya membiayai pemasangan gigi palsu. Ada potongan harga yang dapat diberikan, seperti Rp250.000 per rahang untuk kehilangan 1-8 gigi dan Rp500.000 per rahang untuk kehilangan lebih dari delapan gigi.

Baca Juga: 5 Jenis Gigi Palsu Ternyaman dan Cara Merawatnya

Lebih Baik Pasang Gigi Palsu di Mana?

Lebih Baik Pasang Gigi Palsu di Mana

Memilih tempat untuk memasang gigi palsu sangat tergantung pada kebutuhan dan anggaran Anda. Jika Anda mencari solusi yang murah dan cepat, puskesmas bisa menjadi pilihan yang baik. Namun, untuk hasil yang lebih baik dan tahan lama, memasang gigi palsu di klinik gigi seperti Klinik Gigi SATU Dental atau rumah sakit adalah pilihan yang lebih tepat. Klinik gigi biasanya menawarkan layanan yang lebih personal dengan kualitas bahan yang lebih baik, serta konsultasi yang lebih mendalam untuk memastikan gigi palsu Anda sesuai dengan kebutuhan dan kenyamanan Anda.

Baca Juga: 10 Cara Merawat Gigi Palsu agar Tidak Bau dan Tetap Sehat

Itulah informasi tentang harga pasang gigi palsu 1 biji dari Klinik Gigi SATU Dental kali ini.

Dari informasi tersebut kita dapat mengetahui bahwa harga pasang gigi palsu 1 biji berkisar  dari Rp200.000 hingga Rp8.000.000 tergantung tempat yang Anda pilih untuk melakukan pemasangan gigi palsu 1 biji ini. 

Memilih gigi palsu yang tepat dan tempat pemasangan yang sesuai sangat penting untuk memastikan kenyamanan dan fungsi gigi palsu Anda. Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter gigi di Klinik Gigi SATU Dental untuk mendapatkan saran yang tepat dan layanan yang terbaik.

Selain mendapatkan layanan gigi palsu dari dokter gigi profesional, Anda juga bisa menikmati berbagai promo menarik yang ditawarkan. Yuk, booking janji temu sekarang! 

Frequently Asked Questions

Ya, Anda bisa memasang gigi palsu hanya 1 biji. Banyak orang yang memilih untuk memasang satu gigi palsu karena kehilangan satu gigi saja. Gigi palsu ini bisa disesuaikan agar terlihat alami dan nyaman digunakan.

Proses memasang gigi palsu bisa bervariasi tergantung jenis gigi palsu dan tempat Anda memasangnya. Secara umum, pembuatan dan pemasangan gigi palsu lepasan bisa memakan waktu sekitar 1 hingga 2 minggu. Sementara itu, pemasangan gigi palsu permanen atau implan gigi bisa memakan waktu lebih lama, yaitu beberapa bulan, karena memerlukan beberapa tahap dan waktu pemulihan yang cukup.

Artikel Lainnya

Cabang Klinik Gigi SATU Dental

Buat Jadwal di Klinik SATU Dental