Klinik Gigi SATU Dental

Crown Gigi: Pengertian, Jenis, dan Harga

Crown Gigi: Pengertian, Jenis, dan Harga

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Breadcrumb

Banyak dari kamu mungkin tahu jika gigi patah atau gigi rusak bisa diperbaiki dengan tambal gigi menggunakan bahan-bahan tertentu seperti resin dan porselen untuk mengisi dan menggantikan bagian gigi yang rusak. Tak hanya dengan tambal gigi, pemasangan crown gigi juga ternyata bisa untuk mengatasi gigi yang patah.

 

Klinik gigi SATU Dental akan dengan khusus membahas terkait apa itu crown gigi, tujuan pemasangan, kapan harus menggunakan crown gigi, jenis, prosedur, harga crown gigi, hingga klinik gigi tempat pemasangan crown gigi terbaik.

Table of Contents

Apa Itu Crown Gigi

Apa Itu Crown Gigi

Sudah sedikit disinggung bahwa crown gigi adalah cara lain yang bisa dilakukan oleh dokter gigi untuk mengatasi gigi yang rusak. Crown gigi merupakan tindakan memperbaiki gigi rusak dengan cara menimpa gigi patah dengan selubung gigi buatan. 

 

Crown gigi sendiri terbuat dari bahan seperti porselen dan ada juga yang terbuat dari logam. Tak perlu khawatir, bahan-bahan yang digunakan untuk pembuatan mahkota gigi sudah dipastikan layak pakai dan aman untuk kesehatan.


Baca juga: Penyebab Gigi Patah dan Cara Memperbaikinya

Tujuan Pemasangan Crown Gigi

Pemasangan crown gigi memiliki cukup banyak tujuan. Beberapa tujuan tersebut bisa kamu simak di bawah ini:

 

  • Memperbaiki tampilan gigi yang sempat rusak agar terlihat seperti semula.
  • Crown gigi bermanfaat pula untuk menjaga gigi yang lemah untuk mencegah kerusakan.
  • Menutupi warna gigi yang sudah mulai menguning dan juga kerusakan pada gigi.

Pemasangan crown gigi juga dapat membantu menutupi implan gigi.

Kapan Harus Memasang Crown Gigi

Pemasangan crown gigi tentu dilakukan ketika gigi membutuhkan tindakan perbaikan untuk mengatasi kerusakan pada gigi. Lalu untuk mengetahui kapan harus memasang crown gigi, kamu perlu membaca dan memahami seperti di bawah ini:

 

  • Pertama, crown gigi perlu dipasang bagi orang-orang yang memiliki permasalahan gigi patah akibat kecelakaan atau permasalahan lainnya.

  • Kedua, crown gigi juga bisa dipasang untuk membuat kamu lebih percaya diri karena mampu menutupi warna gigi yang sudah semakin memudar.

Jenis-jenis Crown Gigi

Beberapa jenis-jenis crown gigi dipilih sesuai dengan kebutuhan giginya. Berikut ini jenis-jenis crown gigi yang perlu diketahui:

1. Resin

Bahan pertama yang bisa digunakan untuk pembuatan crown gigi adalah resin. Harga crown gigi yang terbuat dari resin tergolong lebih murah dibandingkan dengan bahan lainnya. Namun sayangnya, bahan resin juga mudah sekali rusak karena terlalu cepat aus dan rentan mengalami patah.

2. Porselen atau Keramik

Untuk yang memiliki alergi terhadap logam, penggunaan crown gigi yang terbuat dari porselen atau keramik bisa menjadi pilihan. Crown gigi yang terbuat dari porselen ini memiliki warna yang paling natural karena hampir serupa dengan warna gigi asli. Paling tepat jika crown gigi porselen digunakan pada gigi bagian depan. Ketahanannya cukup kuat, namun masih kurang jika dibandingkan dengan bahan lain, seperti logam. 

3. Logam

Pembuatan crown gigi juga bisa dibuat dari bahan logam seperti emas, kromium, nikel, dan paladium. Bahan logam tidak mudah rusak, pecah, aus, dan hancur dibandingkan dengan bahan lainnya. 


Ketahanannya yang kuat, membuat crown gigi logam dapat digunakan untuk menggigit dan mengunyah makanan. Namun harganya relatif mahal, dan sebagian orang mungkin bisa mengalami reaksi alergi logam. Warnanya yang terlihat mencolok, membuatnya lebih cocok jika dipasangkan untuk gigi geraham belakang yang mengalami patah.

4. Porselen dan Logam

Jenis crown gigi yang terbuat dari campuran porselen dan logam merupakan pilihan yang tepat untuk mengatasi gigi patah, karena warnanya bisa disesuaikan dengan warna asli gigi, dan bahan logam di dalamnya membuat gigi tiruan menjadi lebih kuat. Kamu bisa memasang crown gigi dari campuran logam dan porselen untuk gigi geraham belakang ataupun gigi bagian depan.

5. Stainless Steel

Jenis crown gigi yang terbuat dari stainless steel digunakan untuk penggunaan sementara saja. Pembuatan mahkota gigi dari stainless steel ini biasanya sudah banyak dibuat di laboratorium.

6. Zirconia

Crown gigi yang terbuat dari bahan zirconia mempunyai ketahanan yang cukup kuat hampir sama seperti bahan logam, karena bisa juga digunakan untuk mengunyah makanan. Selain itu, mahkota zirconia mampu bertahan lama hingga 5 tahun lamanya, dan minim menimbulkan alergi atau peradangan. Harga crown gigi zirconia biasanya lebih mahal dibanding harga bahan lainnya. 


Baca juga: Biaya Veneer Gigi Paling Umum di Indonesia, Cek Sebelum Treatment!

Pencegahan Polip Pulpa

Prosedur Pemasangan Crown Gigi

Terdapat dua prosedur yang yang dilakukan pada hari saat berkunjung ke klinik gigi, ataupun prosedur yang dilakukan selama beberapa hari. Berikut ini penjelasannya:

 

  • Prosedur pemasangan crown gigi di hari yang sama.

Pertama, dokter akan melakukan pemeriksaan gigi dengan melakukan rontgen dan mengambil foto gigi secara digital. Setelah itu, dokter akan mulai melakukan pembuatan mahkota gigi yang biasanya menghabiskan waktu sekitar 1 sampai 2 jam. Setelah selesai, proses pemasangan bisa memakan waktu 2 sampai 4 jam.

 

  • Prosedur pemasangan crown gigi selama beberapa hari.

Pertama, dokter akan melakukan pemeriksaan gigi dengan sinar-X, serta membutuhkan cetakan gigi untuk pembuatan mahkota. Setelah itu lapisan terluar gigi akan diambil sebagian untuk digunakan pada cetakan. 


Lalu dokter akan mulai memasangkan mahkota sementara sambil mengirim hasil dari cetakan gigi kepada laboratorium untuk membuat crown gigi yang biasanya membutuhkan beberapa waktu. Jika crown gigi sudah selesai dibuat, dokter akan menghubungi kamu untuk melakukan pemasangan.

Harga Pemasangan Crown Gigi

Harga crown gigi bisa berbeda-beda, tergantung dengan bahan yang digunakan dan klinik yang kamu kunjungi. Namun, rata rata harga pemasangan crown gigi ada di kisaran harga Rp1.000.000,00-. Sampai Rp6.000.000,00.-. Harga tersebut bisa jadi masih di luar dari penanganan lain yang dilakukan oleh dokter. 


Sebelum memutuskan untuk memasang crown gigi, periksalah harga crown gigi di tempat yang kamu tuju, untuk dapat mempersiapkan biayanya terlebih dahulu.

Cara Merawat Crown Gigi

Setelah pemasangan crown gigi dilakukan, lakukan upaya di bawah ini untuk merawat supaya crown dapat bertahan lebih lama:

 

  • Tidak mengkonsumsi makanan-makanan yang teksturnya lengket seperti permen karet, yang kemungkinan dapat merusak crown secara perlahan.
  • Pergunakan gigi lain untuk mengunyah makanan.
  • Menyikat gigi, berkumur, dan flossing secara rutin untuk menjaga kebersihan crown dan gigi asli lainnya. Lakukan secara perlahan, untuk mencegah crown gigi terlepas akibat tertarik benang, sikat gigi terlalu keras, dan berkumur secara berlebihan.
  • Hentikan kebiasaan seperti menggigit kuku, mengunyah benda keras seperti es batu, karena dikhawatirkan dapat merusak crown.

 

Setelah memahami perihal crown gigi, kini kamu bisa mengatasi permasalahan gigi patah yang merusak senyuman, penampilan, hingga kepercayaan diri dengan segera.


Kunjungi cabang klinik gigi SATU Dental untuk mendapatkan pemasangan crown dan perawatan gigi terbaik, yang ada di beberapa kota seperti Bogor, Depok, Jakarta, Tangerang, dan juga Bekasi. Kembalikan kepercayaan diri kamu bersama klinik gigi SATU Dental.

Cabang Klinik Gigi SATU Dental

Buat Jadwal di Klinik SATU Dental