Klinik Gigi SATU Dental

Harga Behel Gigi dan Jenisnya, Simak Daftar Lengkapnya!

Harga Behel Gigi dan Jenisnya, Simak Daftar Lengkapnya!

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Breadcrumb

Apakah kamu kurang percaya diri dengan tampilan gigi yang kurang rata? Jika iya, kamu tidak perlu khawatir. Pasalnya, kini ada banyak cara untuk memperoleh tampilan gigi yang lebih rapi. Salah satunya adalah dengan perawatan behel gigi.

Selain merapikan gigi, behel juga akan membuat senyummu lebih menawan. Bukan hanya setelah selesai perawatan, saat masih menggunakan behel sekalipun tampilanmu jadi lebih menarik. Namun sebelum itu, kamu perlu range harga behel gigi agar tidak over budgeting, ya! Berikut SATU Dental uraikan secara tuntas.

Table of Contents

Apa itu Behel Gigi?

Sebelum melakukan tindakan behel gigi, sebaiknya ketahui terlebih dahulu apa itu behel gigi. Dilansir Cleveland Clinic, behel gigi merupakan alat untuk membantu mengatasi permasalahan gigi. Mulai dari gigi yang terlalu maju, berjejal, bengkok, hingga tidak sejajar.

Dalam penggunaannya, behel gigi secara perlahan akan merapikan dan menyelaraskan gigi sehingga menghasilkan tampilan serta gigitan yang normal. Namun, tidak jarang pula, behel gigi banyak dipilih untuk memperbaiki tampilan senyuman.

Prosedur Pemasangan Behel Gigi

Treatment gigi wajib dilakukan oleh dokter gigi dan bukan mantri apalagi di klinik kecantikan. Jika memasang behel dengan dokter gigi umum, nantinya akan dilakukan penanganan dasar dan perawatan masalah gigi standar. Namun, jika menggunakan jasa ahli ortodontik atau ahli spesialis, perawatannya akan jauh lebih profesional.

Sebelum memulai prosedur behel, dokter gigi atau ortodontis akan mengumpulkan informasi mengenai kesehatan gigi kamu. Adapun caranya seperti melalui pertanyaan, pemeriksaan klinis, pemindaian digital, serta foto wajah dan gigi. 

Mereka juga mungkin memesan rontgen mulut dan kepala untuk mendapatkan gambaran lebih detail. Berdasarkan informasi tersebut, dokter akan menyusun rencana perawatan yang sesuai dengan kebutuhan gigimu.

Jenis Behel Gigi dan Harga Behel Gigi

Behel gigi tersedia dalam berbagai jenis yang bisa dipilih pasien. Adapun jenisi behel gigi turut memengaruhi besaran harga perawatnnya. Nah, untuk lebih detailnya, yuk simak uraian lengkapnya berikut ini 

1. Behel Metal Konvensional

Behel metal konvensional. Sesuai namanya, behel metal konvensional terbuat dari bahan metal. Saat perdana pemasangan, rasanya akan sedikit lebih berat. Walau begitu, behel konvesional sangat direkomendasikan bagi orang dengan gigi kompleks. Perawatan menggunakan behel metal konvensional ini biasanya akan memakan waktu sekitar 2 tahun. 

Behel yang metal konvensional ini terbuat dari logam stainless steel yang dipasang dengan cara menempelkan kawat pada bagian depan gigi menggunakan semen khusus yang kemudian dihubungkan menggunakan karet elastis. 

Untuk harga pemasangan behel metal konvesional ini adalah sekitar Rp4.000.000.

2. Behel Keramik

Behel keramik adalah behel yang biasanya berwarna putih susu atau serupa warna gigi, sehingga lebih tidak terlihat seperti sedang memakai behel. Hal inilah yang membuah behel keramik ini memberikan kesan yang lebih menarik bagi penggunanya, karena behel keramik ini hanya menampilkan bagian kawatnya saja.

Meskipun menarik, kamu juga perlu mengetahui bahwa biasanya kawat behel keramik ini mudah berubah warna, dan sihat behel keramik ini mudah rapuh dan pecah, sehingga harus lebih berhati-hati saat menggunakanya.

Harga behel keramik ini adalah Rp7.000.000 sampai Rp9.000.000.

3. Behel Lingual

Behel gigi lingual. Dengan behel gigi lingual, perawatan behelmu tidak akan terlihat dari luar. Sebab, pemasangan kawat berada di bagian belakan gigi.

Karena behel Lingual ditempatkan di sisi dalam, pengguna akan mengalami perubahan dalam artikulasi bicara. Pengguna behel lingual juga mungkin mengalami rasa sakit pada lidah. Itulah mengapa lebih banyak yang menyarankan untuk menggunakan behel konvensional.

Pemasangan behel lingual inii akan lebih rumit, karena hal tersebut, maka tidak heran behel gigi linggual harganya cukup mahal, harga behel lingual ini mulai  dari Rp20.000.000.

4. Clean Aligner

Clean aligner atau behel gigi transparan ini berbentu seperti cangkang dengan bentuk menyerupai gigi asli. Behel jenis ini bisa dilepas-pasang pada waktu tertentu, seperti ketika makan. Namun, pastikan menggunakan clean aligner berkualitas. Harganya clean aligner ini berkisar mulai dari Rp3.000.000 sampai Rp102.000.000, namun harga tersebut bisa saja berubah tergantung dari tingkat keparahan gigi.

5. Behel Gigi Damon

Behel gigi self-ligating atau damon, adalah perawatan behel gigi gigi yang mirip behel gigi konvensional. Namun, perbedaannya terletak pada penggunaan klip khusus sebagai penggan karet. Ini dipakai untuk menahan posisi kawat pasa setiap bracket gigi. Harga behel gigi damon ini berkisar mulai dari Rp10.000.000 sampai Rp30.000.000

Berapa Lama Durasi Pemasang an Behel?

Memasang behel gigi memerlukan durasi waktu tertentu. Dengan begitu, dokter dapat melakukan pemasangan behel gigi lebih optimal. Lantas, berapa lama pasang behel? Secara umum, waktu yang dibutuhkan memasang behel adalah sekitar 1-2 jam, melansir Healthline. 

Di Mana Tempat Memasang Behel?

Seperti yang telah disebutkan, sebaiknya lakukan prosedur pemasangan behel bersama dokter terpercaya. Terkait tempat treatment-nya sendiri, kamu bisa lakukan di tempat pasang behel terdekat dari rumah. Lantas, di mana saja lokasinya, berikut uraian lengkapnya.

  • Puskesmas. Prosedur behel gigi bisa kamu lakukan di puskesmas terdekat. Namun sebelum itu, kamu perlu memastikan ketersedian layanannya. Harga pasang behel di puskesmas berkisar antara Rp2.000.000 sampai Rp2.500.000. Namun, perlu kamu tahu, behel BPJS tidak belaku, yang artinya perawatan behel tidak ditanggung BPJS.
  • Klinik gigi. Klinik gigi juga bisa menjadi opsi untuk melakukan prosedur behel gigi. Di klinik gigi, umumnya pemasangan behel akan dilakukan oleh dokter profesional. Harga pemasangan behel di klinik gigi akan tergantung dari jenis behel yang dipilih, sebagai contoh untuk harga pemasangan behel metal konvensional adalah sekitar Rp4.000.000.
  • Rumah sakit. Bila berdomisili dekat rumah sakit, kamu bisa memasang behel di sana. Biasanya, fasilitas dan perlengkapannya lebih lengkap daripada puskesmas. Tentunya, tarifnya akan sedikit lebih mahal dari pada di puskesmas, yakni sekitar Rp3.000.000 sampai Rp20.000.000.

Cara Merawat Behel Gigi

Merawat behel gigi dengan baik merupakan kunci utama mencapai hasil perawatan gigi yang optimal. Adapun beberapa cara merawat behel gigi adalah sebagai berikut.

  • Menyikat gigi secara teratur. Menggosok gigi minimal dua kali sehari, yaitu setelah sarapan dan malam sebelum tidur penting untuk dilakukan. Ini dilakukan untuk memastikan tidak adanya sisa makanan yang tertinggal pada gigi. Jika dibiarkan gigi akan menguning dan nafas menjadi bau.
  • Hindari makanan yang menyulitkan. Jauhi makanan keras, lengket, atau klep untuk menjaga kualitas behel. Contohnya seperti permen keras, karamel, kacang, popcorn, dan es batu. Makanan-makanan ini bisa merusak bracket atau menyebabkan kawat patah.
  • Kurangi konsumsi makanan manis dan berwarna. Kudapan manis dapat meningkatkan risiko kerusakan gigi selama pemakaian behel gigi. Sementara itu, makanan berwarna seperti kopi, teh, atau minuman berkarbonasi dapat menyebabkan noda pada bracket dan gigi.
  • Rutinitkan kunjungan ke dokter gigi. Sangat penting untuk tetap melakukan kunjungan rutin ke dokter gigi atau klinik gigi yang terpecaya. Biasanya, perawatan kawat gigi memerlukan penyesuaian berkala untuk memastikan gigi bergerak ke posisi yang benar.

Sekarang kamu sudah tahu banyak hal terkait behel gigi, termasuk harga behel itu sendiri.

Dari informasi tersebut kamu dapat mengetahui bahwa behel gigi adalah perawatan gigi untuk mengatasi berbagai permasalahan gigi seperti gigi yang terlalu maju atau gigi tonggos, gigi yang tidak sejajar, gigi renggang, atau permasalahan lainnya, dengan cara membuat gigi tersebut secara perlahan selaras sesuai dengan keinginan kita.

Untuk prosedur pemasangan behel gigi biasanya dilakukan dengan cara melakukan pemeriksaan terlebih dahulu, seperti pemeriksaan klinis, termasuk konsultasi, lalu dilanjutkan dengan pemasangan behel gigi.

Untuk harga, harga behel gigi  bervariasi tergantung dari jenisnya. Beberapa jenis behel gigi dan harganya yang dapat kamu pilih adalah sebagai berikut, behel gigi metal konvesional  sekitar Rp4.000.000, behel keramik Rp7.000.000 sampai Rp9.000.000, clean aligner sekitar Rp3.000.000 sampai Rp12.000.000 tergantung dari tingkat keparahan gigi, lalu behel gigi damon sekitar Rp10.000.000 sampai Rp30.000.000.

Setelah memilih jenis behel gigi yang tepat dan kamu inginkan, durasi pemasangan behel gigi adalah 1 jam sampai 2 jam, tergantung dari tempat, peralatan dan kelengkapan dari tempat pemasangan behel gigi tersebut.

Untuk tempat pemasangan behel gigi, ada beberapa pilihan tempat memasang behel yang dapat kamu kunjungi, seperti puskesmas, klinik gigi yang terpercaya, dan rumah sakit. 

Setelah memasang behel gigi, jangan lupa untuk melakukan perawatannya ya, dengan cara menyikat gigi secara teratur, menghindari makanan yang tidak baik untuk pengguna behel gigi, seperti makanan keras, kurangi juga konsumsi makanan dan minuman berwarna untuk menjaga kualitas behel gigi kamu, serta jangan lupa lakukan kunjugan rutin ke dokter gigi.

Semoga informasi tentang behel gigi dari Klinik Gigi SATU Dental kali ini bermanfaat untuk kamu ya.

Artikel Lainnya

Cabang Klinik Gigi SATU Dental

Buat Jadwal di Klinik SATU Dental