Gusi Turun: Pengertian, Gejala, Penyebab dan Pengobatan

Tak hanya gigi saja yang bisa mengalami permasalahan kesehatan, namun gusi yang menopang gigi juga bisa bermasalah. Pada umumnya gusi biasa mengalami peradangan yang disebabkan oleh penumpukan plak pada gigi, dan juga permasalahan gusi turun.

Apakah benar gusi bisa turun? Walaupun terasa tidak mungkin, namun pada nyatanya, gusi bisa mengalami penurunan yang disebabkan oleh beberapa hal. Untuk mengetahui informasi lebih lanjut terkait apa itu gusi turun, tanda-tanda, penyebab, hingga pengobatannya, simak artikel klinik gigi SATU Dental yang satu ini, ya.

Apa itu Resesi Gingiva atau Gusi Turun?

Resesi gingiva atau gusi turun adalah keadaan di mana gusi mengalami penurunan dari permukaan gigi. Kondisi ini membuat gusi mengarah ke akar gigi, sehingga permukaan akar gigi yang seharusnya tertutup jadi terlihat karena gusi menurun.

Kondisi penurunan gusi banyak terjadi pada orang yang sudah memasuki umur 40 tahun ke atas. Tetapi, tidak menutup kemungkinan resesi gingiva ini dapat terjadi pada beberapa remaja.

Gusi turun sebenarnya termasuk ke dalam salah satu gejala penyakit gusi yang lebih dikenal dengan sebutan periodontitis.

Baca juga: 5 Cara Mengatasi Gummy Smile dengan Tepat

Tanda-tanda dan Gejala Resesi Gingiva atau Gusi Turun

Supaya resesi gingiva atau gusi turun ke bawah tidak semakin bertambah parah, kamu perlu mengetahui berbagai gejala yang bermunculan dan dapat dideteksi sejak dini. Hal tersebut dilakukan agar gusi mendapatkan penanganan yang tepat dengan segera.

• Gusi terlihat lebih merah dan mengalami gusi bengkak.
  • Gusi berdarah.
  • Garis pada gusi terasa sakit.
  • Permukaan akar gigi mulai terlihat karena gusi yang menurun.
  • Gigi mulai terasa goyang.
  • Mulut lebih sering mengeluarkan bau tak sedap.

Penyebab Resesi Gingiva atau Gusi Turun

Banyak faktor yang bisa menyebabkan terjadinya penurunan pada gusi seperti di bawah ini.

1. Genetik

Genetik bisa menjadi faktor penyebab gusi mengalami resesi atau penurunan. Terdapat studi penelitian yang menyatakan bahwa sekitar 30% orang bisa mengalami penurunan akibat faktor genetik.

2. Hormon Mengalami Perubahan

Biasanya perubahan hormon yang terjadi pada wanita ketika mengalami menopause, hamil, ataupun saat masuk masa pubertas bisa mempengaruhi sensitivitas gusi sehingga rentan mengalami resesi gingiva.

3. Kebersihan Gigi yang Tidak Dijaga

Gigi yang kebersihannya tidak dijaga dengan baik bisa menyebabkan penumpukan plak penyebab karang gigi. Jika karang gigi diabaikan dan tidak ditangani segera, bisa menjadi salah satu penyebab gusi turun. Karena itu, sikat gigi dengan benar dan juga melakukan flossing harus dilakukan secara rutin, agar gigi selalu bersih dan tidak menimbulkan penyakit pada gigi dan gusi.

4. Periodontitis (Penyakit Gusi)

Infeksi bakteri juga merupakan faktor penyebab gusi menurun. Infeksi tersebut dapat merusak tulang penyokong dan jaringan pada gusi sehingga menyebabkan gusi menurun.

5. Trauma Oklusal

Trauma oklusal adalah trauma yang terjadi karena meningkatnya beban gigitan pada bagian gigi yang bertugas untuk menggigit. Keadaan ini bisa disebabkan oleh peregangan yang terjadi pada serat-serat gusi. Selain menyebabkan penurunan pada gusi, trauma oklusal juga bisa menyebabkan pengeroposan tulang.

6. Terlalu Keras saat Menyikat Gigi

Terlalu keras saat menyikat gigi bisa menjadi menyebabkan gusi berdarah saat menyikat gigi dan trauma kronis pada gusi. Jika trauma terus terjadi, hal ini bisa meningkatkan kemungkinan gusi turun. Namun sebelum terjadi penurunan, biasanya gigi akan mengalami abrasi yang mana gigi yang berdekatan dengan gusi terkikis secara perlahan.