Klinik Gigi SATU Dental

Mengenal Gigi Taring: Pengertian, Fungsi, dan Cara Merawat Gigi Taring

Mengenal Gigi Taring: Pengertian, Fungsi, dan Cara Merawat Gigi Taring

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Breadcrumb

Gigi merupakan salah satu bagian tubuh yang berfungsi untuk makan dan juga berbicara. Gigi pada orang dewasa biasanya berjumlah 32 buah, yang terdiri dari gigi seri, gigi geraham, gigi premolar, dan juga gigi taring. 

 

Pada kesempatan kali ini, klinik gigi SATU Dental akan membahas mengenai gigi taring, mulai dari apa itu gigi taring, fungsi, hingga cara merawat gigi taring yang baik dan benar. Untuk itu, simak artikel ini dengan baik untuk memahami seputar gigi taring. 


Baca juga: Fungsi Gigi dan Jenis Gigi

Table of Contents

Apa Itu Gigi Taring?

Gigi taring merupakan gigi yang mempunyai bentuk agak lancip, berbeda dengan bentuk gigi yang lainnya. Bentuknya yang lancip ini, membuat gigi taring termasuk jenis gigi yang paling tajam. 

 

Terletak di sebelah gigi seri, gigi taring ini berjumlah 4 buah, di mana 2 buah gigi taring ada pada bagian rahang atas, dan 2 buah lagi di bagian rahang bawah.

 

Biasanya kemunculan gigi taring akan dimulai saat anak berusia 16 hingga 20 bulan, dimulai dengan gigi taring pada bagian rahang atas terlebih dahulu. Namun, ketika pergantian dengan gigi permanen, biasanya gigi taring pada rahang bawah akan muncul terlebih dahulu. 

 

Berikut ini, perkiraan waktu kemunculan gigi taring susu bagian atas dan bawah serta gigi taring permanen bagian atas dan bawah:

 

  • Gigi taring bagian atas akan mulai tumbuh ketika anak memasuki usia 16 sampai 22 bulan. Lalu, gigi taring akan terlepas saat anak berusia 10 sampai 12 tahun.
  • Gigi taring bagian bawah akan mulai tumbuh pada usia 17 sampai 23 bulan. Lalu, gigi taring akan terlepas saat anak berusia 9 sampai 12 tahun.
  • Gigi taring atas akan mulai erupsi pada umur 11 sampai 12 tahun.
  • Sedangkan gigi taring bawah akan mulai erupsi pada usia 9 hingga 10 tahun. 

 

Gigi taring juga termasuk gigi dengan ketahanan yang cukup kuat terhadap berbagai macam kondisi. Karena ketahanannya tersebut, gigi taring seringkali dijadikan bahan untuk mengidentifikasi korban dari kecelakaan.


Baca juga: Mengenal Anatomi Gigi, Fungsi dan Jenis-jenis Gigi

Fungsi Gigi Taring

Setiap jenis gigi memiliki fungsi dan kegunaannya masing-masing. Seperti halnya gigi seri yang berfungsi untuk memotong makanan dan gigi geraham untuk mengunyah makanan. Lalu apa fungsi gigi taring? Berikut ini ulasannya:

1. Berperan dalam proses berbicara

1. Berperan dalam proses berbicara

Tak hanya gigi seri saja, gigi taring juga menjadi jenis gigi yang membantu manusia agar dapat berbicara dengan lancar. Pada faktanya, rapi atau tidaknya struktur gigi, dapat mempengaruhi seseorang dalam berbicara. Orang yang memiliki permasalahan maloklusi atau lebih dikenal dengan sebutan gigi berantakan, lebih rentan mengalami kesalahan ketika berbicara, dibandingkan dengan orang yang mempunyai struktur gigi rapi.

2. Merobek dan mengoyak makanan

Bentuknya yang lancip menjadikan gigi taring mempunyai ketajaman yang luar biasa. Karena itu, gigi taring berfungsi untuk merobek dan mengoyak makanan agar hancur dan dapat dikunyah lebih mudah oleh gigi geraham. Kekuatan gigi taring juga diperoleh karena akar giginya yang mencapai hingga ke tulang rahang. 

3. Menambah kecantikan

Keberadaan gigi taring menjadi salah satu alasan senyuman kamu terlihat indah. Gigi taring dapat membantu untuk membentuk lengkungan pipi sehingga terlihat menarik. Jika gigi taring tidak ada, wajah akan terlihat lebih tua karena pipi yang mengempis. Karena itu, rawatlah gigi taring agar tetap sehat dan membuat senyuman kamu tetap menawan. 

Cara Merawat Gigi Taring

Cara Merawat Gigi Taring

Gigi taring juga memerlukan perawatan yang benar supaya tetap bisa menjalankan fungsinya dengan baik. Upaya yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan gigi taring adalah sebagai berikut:

 

  • Rutin membersihkan gigi dengan menyikat gigi 2 kali sehari, setiap pagi setelah makan dan malam hari sebelum tidur. Pastikan kamu menggunakan sikat gigi dengan bulu yang lembut agar tidak merusak gigi, serta bagian kepala sikat yang kecil untuk mempermudah ketika membersihkan sela gigi. 
  • Pastikan kamu juga melakukan flossing gigi, agar tidak ada sisa-sisa makanan yang terselip di antara gigi taring. Hal ini dilakukan untuk mencegah tumbuhnya bakteri penyebab plak dan karang gigi yang bisa merusak kesehatan gigi.
  • Gunakanlah pasta gigi yang di dalamnya mengandung fluoride, sebagai pelindung gigi dan dapat mencegah kerusakan pada gigi. 
  • Kurangi mengkonsumsi makanan manis ataupun makanan yang terlalu asam, karena dikhawatirkan dapat merusak gigi. Konsumsi gula yang berlebih dapat memicu pertumbuhan bakteri.
  • Mengkonsumsi permen karet free sugar untuk membantu menambah produksi air liur dalam mulut, dan juga membersihkan sisa-sisa asam yang menempel pada gigi. 
  • Banyak mengkonsumsi sayur, buah, susu, yang bisa membantu untuk menjaga ketahanan gigi.
  • Perbanyak konsumsi air mineral, untuk menghindari mulut kering serta mencegah dehidrasi. Mulut yang kering, cenderung menjadi pemicu bakteri berkembang biak di dalam mulut.
  • Jika kamu seorang perokok aktif, alangkah lebih baik untuk berhenti dari kebiasaan tersebut. Selain untuk menjaga kesehatan gigi, berhenti dari merokok juga bisa membantu tubuh agar lebih sehat.

 

Selain cara merawat gigi taring seperti di atas, kamu juga bisa melakukan perawatan gigi taring dengan mengunjungi langsung cabang klinik gigi SATU Dental yang terletak di beberapa kota seperti Bogor, Depok, Jakarta, Cibubur, Bekasi, dan juga Tangerang. Rawatlah kesehatan gigi sejak dini, agar tidak menyesal di kemudian hari jikalau gigi mengalami kerusakan.


Rutin mengunjungi dokter gigi setiap 6 bulan sekali di Klinik Gigi SATU Dental untuk melakukan pemeriksaan dan perawatan gigi, untuk gigi yang tetap bersih dan sehat.

Cabang Klinik Gigi SATU Dental

Buat Jadwal di Klinik SATU Dental