Klinik Gigi SATU Dental

Penyebab Gigi Patah dan Cara Memperbaikinya

Penyebab Gigi Patah dan Cara Memperbaikinya

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Breadcrumb

Gigi dapat mengalami keretakan hingga patah yang disebabkan oleh banyak hal. Gigi patah dapat menurunkan kepercayaan diri seseorang saat berkomunikasi dengan orang lain. Tampilan gigi menjadi kurang indah jika gigi yang sudah mengalami patah, dibiarkan begitu saja.


Untuk mencegah gigi supaya tidak patah, cari tahu terlebih dahulu mengenai apa saja penyebab gigi bisa sampai patah. Berikut ini Satu Dental akan mengulas penuh mulai dari penyebab, pertolongan pertama, cara memperbaiki, hingga klinik gigi yang bisa dikunjungi untuk penanganan gigi yang terlanjur patah.

Table of Contents

Penyebab Gigi Patah

Penyebab Gigi Patah

Gigi bisa patah biasanya karena disebabkan oleh beberapa hal di bawah ini:

 

  • Menggigit dan Mengunyah Benda atau Makanan Keras

Kebiasaan mengunyah makanan yang keras seperti es batu, dapat menyebabkan gigi lama-kelamaan patah. Apalagi jika kondisi gigi memang memiliki permasalahan seperti gigi yang lemah, terdapat karies pada gigi, dan sempat melakukan tambal gigi.

 

Bukan hanya mengunyah es batu, beberapa orang juga terkadang senang menggigit pulpen saat sedang berpikir, yang juga bisa menyebabkan gigi patah karena gigi dipaksakan untuk menghadapi tekanan dan beban yang lebih besar melewati batas kemampuannya dalam menghancurkan makanan.

 

  • Mengalami Kecelakaan

Kecelakaan merupakan kejadian yang paling sering menyebabkan gigi menjadi patah. Hal ini disebabkan oleh benturan yang seringkali terjadi ketika kecelakaan, yang langsung menghantam bagian mulut sehingga gigi menghadapi tekanan yang sangat besar. Karena tidak dapat menahan tekanan dari benturan, gigi akan mengalami keretakan terlebih dahulu atau bisa juga langsung patah ketika kecelakaan terjadi.

 

Beberapa kecelakaan penyebab gigi patah adalah kecelakaan saat berkendara, jatuh saat berlari hingga tersungkur, wajah terpukul benda keras, bahkan perkelahian hebat juga bisa menyebabkan gigi sampai patah.

Pertolongan Pertama Saat Gigi Patah

Pertolongan Pertama Saat Gigi Patah

Kejadian patahnya gigi sangat beragam, dari mulai gigi patah sebelah sampai gigi patah sepenuhnya yang kadang sampai terlihat seperti gigi ompong. Tentu kondisi gigi patah sangat membuat tidak nyaman bagi banyak orang, untuk itu jika baru saja mengalami gigi patah, lakukan pertolongan pertama ini sebelum pergi ke klinik gigi.

 

  • Jika gigi patah karena terbentur benda keras sehingga rongga mulut terasa sakit, minumlah paracetamol untuk meredakan rasa sakit karena benturan keras.
  • Apabila patahan gigi mengeluarkan darah, hentikan pendarahannya menggunakan kapas steril, lalu ditekan untuk dapat menghentikan aliran darah.
  • Tambal gigi sementara menggunakan benda yang lunak, jika patahan gigi tajam karena dikhawatirkan dapat melukai mulut.
  • Ketika terdapat sensasi nyut-nyutan pada gusi, coba untuk kumur dengan air garam hangat secara perlahan.

Cara Memperbaiki Gigi Patah

Setelah melakukan pertolongan pertama saat gigi patah, selanjutnya pergilah ke dokter untuk memperbaiki gigi.

1. Veneer Gigi

Gigi patah bisa diperbaiki dengan memasang lapisan veneer yang dibuat dari porselen. Pemasangan veneer akan disesuaikan dengan warna dan bentuk gigi asli, supaya terlihat kembali utuh seperti semula.

2. Bonding

Bonding merupakan metode pemasangan patahan gigi dengan memanfaatkan resin. Gigi akan diolesi cairan atau gel dan digosok perlahan, lalu patahan gigi akan ditempelkan kembali menggunakan lem perekat khusus gigi dan resin, dengan memperhatikan kesamaan warna giginya. Setelah itu, sinar ultraviolet digunakan untuk mengeraskan gigi yang ditempel.

3. Patahan Gigi Ditempelkan Kembali

Jika patahnya gigi belum berlangsung lama, pergilah langsung ke klinik gigi untuk melakukan pemasangan gigi patah dengan lem khusus.

4. Memasang Mahkota Gigi

Mahkota gigi biasanya dibuat oleh dokter untuk mengatasi gigi patah. Pembuatan mahkota gigi disesuaikan dengan bentuk patahan dan warna dari gigi asli. Proses membuat mahkota gigi memakan waktu yang agak cukup lama karena perlu fokus dan ketelitian yang tinggi.

5. Tambal Gigi

Seringkali ada pertanyaan gigi patah apakah bisa ditambal? Jawabannya adalah bisa. Namun tambal gigi merupakan cara  yang tepat untuk mengatasi gigi patah yang hanya sedikit saja, tidak untuk yang kondisi patahannya parah.

 

Baca Juga: Berapa Biaya Tambal Gigi Berlubang? Prosedur dan Jenis Tambalan Gigi

6. Merawat Akar Gigi

Apabila gigi yang patah cukup parah hingga pulpa dan mengganggu aliran saraf, akan diperlukan perawatan lebih lanjut untuk merawat akar gigi supaya tidak menyebabkan penyakit lainnya. Kunjungi langsung klinik gigi untuk ditangani segera.

Klinik Gigi untuk Memperbaiki Gigi Patah

Rekomendasi klinik gigi yang terpercaya untuk memperbaiki gigi patah, untuk kembalikan percaya diri.

 

  • Klinik Gigi Satu Dental Kota Wisata Cibubur

Untuk yang ada di daerah Cibubur, klinik gigi Satu Dental untuk memperbaiki gigi patah, tersedia di Ruko Oregon TCR 31, Jl. Raya Kota Wisata, Ciangsana, Kec. Gn. Putri, Kabupaten Bogor, Jawa Barat 16968.

 

  • Klinik Gigi Satu Dental Sawangan Depok

Bagi yang tinggal di daerah Depok, kunjungi klinik gigi Satu Dental yang beralamat di Jl. Raya Sawangan No.32-3, Mampang, Kec. Pancoran Mas, Kota Depok, Jawa Barat 16433.

 

  • Klinik Gigi Satu Dental Grand Galaxy Bekasi

Bagi yang berada di daerah Bekasi dan sekitarnya, klinik gigi Satu Dental yang bisa dikunjungi untuk memperbaiki gigi patah berlokasi di Ruko Grand Galaxy City Jl. Boulevard Raya Barat Blok RGG No. 7, RT.001/RW.018, Jaka Setia, Kec. Bekasi Sel., Kota Bks, Jawa Barat 17147.

 

  • Klinik Gigi Satu Dental Sunter

Untuk daerah Jakarta, jika hendak memperbaiki gigi patah bisa kunjungi klinik gigi Satu Dental di Perumahan Griya Inti Sentosa Blok AI No.25, Sunter Agung, Tanjung Priok, Jakarta Utara.

 

  • Klinik Gigi Satu Dental Bantar Wijaya

Sedangkan bagi yang tinggal di daerah Tangerang, kunjungi klinik gigi Satu Dental di Ruko Estrella Blok CC No. 19 Kelurahan Cipete, Kecamatan Pinang, Kota Tangerang.


Hindari kebiasaan kurang baik yang dapat mengakibatkan gigi patah. Datang langsung ke klinik gigi terdekat untuk diperbaiki, sebelum patahan gigi bisa menyebabkan infeksi dan bahaya lainnya.

Artikel lainnya

Cabang Klinik Gigi SATU Dental

Buat Jadwal di Klinik SATU Dental