Klinik Gigi SATU Dental

8 Cara Merawat Direct Veneer

8 Cara Merawat Direct Veneer

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Breadcrumb

Siapa yang tidak menginginkan senyum menawan dari gigi yang putih bersih? Dalam upaya untuk mendapat senyuman yang menawan, banyak orang mulai mencari cara dan solusi yang cepat untuk merawat gigi. Salah satu cara terkini yang mendapat perhatian masyarakat adalah melalui perawatan gigi  Direct Veneer.

Direct Veneer adalah salah satu metode yang digunakan dalam perawatan gigi dengan tujuan untuk meningkatkan penampilan dan keindahan gigi dengan cara yang cepat dan efisien dalam pemakaiannya. Direct veneer menggunakan lapisan tipis yang ditempatkan langsung pada gigi untuk merubah warna, bentuk, dan penampilan gigi secara keseluruhan. Material yang digunakan untuk Direct veneer adalah material yang mengandung resin komposit. Jadi sekilas, hasilnya terlihat seperti warna gigi asli.

Table of Contents

Manfaat Direct Veneer

Banyak orang yang berpandangan bahwa veneer hanya berguna untuk membuat warna gigi jadi lebih putih dan menawan. Akan tetapi sebenarnya, pemasangan Direct veneer berguna untuk mengatasi beberapa masalah yang umum terjadi pada gigi, antara lain:

  • Mengatasi tampilan gigi yang retak
  • Mengatasi masalah gigi yang bengkok
  • Memperbaiki gigi yang patah atau terkelupas
  • Mengatasi jarak antar gigi yang mengganggu

Baca Juga: Apakah Veneer Gigi Bisa Dilepas

Selain itu, pemasangan direct veneer memiliki manfaat-manfaat berikut:

  • Perbaikan Penampilan Gigi. Direct veneer mampu meningkatkan penampilan pada gigi kalian secara optimal dengan menutupi noda, retak, atau ketidaksempurnaan pada gigi dan masalah lainnya. Perawatan ini memberikan tampilan gigi yang lebih putih, rata, dan memiliki warna senada.
  • Pengurangan Pengamplasan Gigi Minimal. Proses pemasangan Direct veneer memerlukan pengamplasan gigi yang lebih sedikit dibandingkan dengan beberapa prosedur veneer lainnya. Sehingga ni membuat prosedur lebih nyaman dan minim trauma terhadap kalian.
  • Warna yang Disesuaikan. Direct veneer dapat dipilih dalam berbagai warna sehingga sesuai dengan warna alami gigi pada gigi kalian dan keinginan keindahan sesuai dengan kemauan pasien. Hal ini memungkinkan penyesuaian yang akurat untuk mencapai hasil yang sesuai dengan keinginan.
  • Penyembuhan yang Cepat. Proses penerapan Direct veneer relatif lebih cepat dibandingkan dengan prosedur lainnya seperti mahkota gigi atau dental crown. kalian dapat melihat perubahan positif dalam penampilan gigi kalian dalam waktu yang relatif singkat dan cepat.
  • Peningkatan Kepercayaan Diri. Dengan memperbaiki penampilan pada gigi, Direct veneer dapat meningkatkan kepercayaan diri kalian. Senyuman yang lebih baik dapat memberikan dampak positif pada aspek psikologis dan sosial kehidupan seseorang sehingga lebih berani menampilkan dirinya di masyarakat umum.

Baca Juga: Veneer Gigi Kelinci, Kenali Pengertian, Harga, Hingga Cara Merawatnya

Bagaimana tips merawat direct veneer?

Setelah mengetahui manfaat pemasangan Direct veneer, sangat penting juga untuk mengetahui cara menjaga veneer agar tetap awet. Berikut ini adalah cara merawat veneer gigi yang dapat kalian terapkan:

1. Jaga Kebersihan Mulut yang Baik

Selalu gosok gigi dengan sikat gigi yang menggunakan bulu lembut. Dengan menggunakan sikat gigi dengan bulu lembut dan pasta gigi yang bersifat non-abrasif, veneer akan tetap terjaga. Bersihkan gigi minimal dua kali setiap harinya dan menggunakan benang gigi atau dental floss secara teratur untuk membersihkan sela-sela gigi  dan area di sekitar veneer yang tidak dapat dijangkau oleh sikat gigi.

2. Hindari Kebiasaan Merusak Gigi

Untuk menjaga ketahanan veneer gigi, hindari menggigit benda keras. Hindari menggigit atau mengunyah benda keras, seperti penggaris, pena, atau bahkan es batu. Tindakan menggigit benda keras dapat merusak veneer. Hindari juga menggunakan gigi sebagai alat untuk membuka botol ataupun menggigit kuku.

3. Konsultasi Rutin dengan Dokter Gigi

Melakukan konsultasi secara rutin dengan dokter gigi penting dilakukan untuk memastikan bahwa veneer dan kondisi gigi tetap dalam keadaan baik. Jika ada kerusakan atau masalah dengan veneer, segeralah berkonsultasi dengan dokter gigi untuk perbaikan atau penyesuaian terhadap permasalahan gigi kalian.

4. Hindari Makanan dan Minuman Berwarna

Batasi konsumsi makanan dan minuman berwarna seperti kopi, teh, dan anggur merah atau wine karena dapat menyebabkan perubahan warna pada veneer kalian. Jika kamu sedang mengkonsumsi makanan dan minuman berwarna, jangan lupa untuk menyikat gigi. Dengan begini, risiko warna menempel pada bagian gigi yang telah dipasang veneer akan berkurang.

5. Gunakan Pelindung Gigi Saat Berolahraga

Jika kamu berpartisipasi dalam olahraga atau kegiatan yang melibatkan kontak fisik, risiko kerusakan pada gigi seringkali terjadi. Supaya tidak terjadi cidera gigi seperti gigi patah, kamu bisa menggunakan pelindung. Pelindung gigi dapat menjaga veneer agar tidak rusak saat beraktivitas fisik yang berat.

6. Hindari Produk yang Mengandung Asam

Untuk menjaga veneer, hindari produk yang mengandung zat asam. Makanan atau minuman yang memiliki zat asam yang tinggi dapat merusak enamel gigi dan veneer kalian. Hindari produk makanan dan minuman yang mengandung asam atau konsumsilah dengan bijak sehingga tidak merusak veneer.

7. Mengikuti Anjuran Panduan dari Dokter Gigi

Jika dokter gigi kalian memberikan panduan atau anjuran khusus pasca-pemasangan veneer, seperti pantangan makanan atau minuman tertentu, pastikan untuk mengikutinya.

8. Perhatikan Perubahan Warna atau Kondisi

Jika melihat perubahan warna atau terjadi perubahan kondisi pada veneer yang telah dipasang, segera hubungi dokter gigi untuk melakukan evaluasi atau pemeriksaan lebih lanjut. Dengan merawat Direct Veneer dengan baik dan menjaga kebersihan mulut secara rutin, kamu dapat memastikan bahwa veneer tetap menawan dan berfungsi dengan baik selama bertahun-tahun setelah dipasang. Jangan lupa untuk selalu berkonsultasi secara rutin dengan dokter gigi untuk mendapatkan saran dan perawatan yang sesuai dengan kebutuhan kalian.

Baca Juga: Apa Itu Veneer Gigi? Jenis dan Prosedur Pemasangan

Secara umum, pemasangan Direct veneer sangat aman dan mudah untuk dilakukan. Namun, tetap ada beberapa efek samping yang menyertai ketika pemasangan Direct veneer yang umum terjadi, yaitu sensitivitas gigi yang meningkat dan nyeri rahang. Beberapa orang juga mungkin akan mengalami reaksi yang berbeda, seperti alergi terhadap material resin yang biasanya digunakan untuk Direct veneer. Ini dapat menyebabkan masalah iritasi atau masalah kesehatan lainnya. Jika setelah pemasangan Direct veneer kamu mengalami efek samping yang mengganggu, jangan ragu untuk berkonsultasi kembali dengan dokter.

Pastikan kamu melakukan pemasangan direct veneer dan perawatannya di klinik gigi terpercaya. Kamu bisa mengunjungi klinik gigi SATU Dental yang terletak di area Jakarta, Depok, Cibubur, Bogor, Tangerang, atau Bekasi. Cek layanan veneer gigi di Klinik Gigi SATU Dental ya.

Artikel Lainnya

Cabang Klinik Gigi SATU Dental

Buat Jadwal di Klinik SATU Dental