Klinik Gigi SATU Dental

8 Cara Mengobati Sakit Gigi dengan Cepat dan Tepat

8 Cara Mengobati Sakit Gigi dengan Cepat dan Tepat

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Breadcrumb

Sakit gigi merupakan rasa sakit yang ringan hingga parah di dalam atau di sekitar gigi dan rahang. Hal ini dapat mengindikasikan bahwa kamu sedang memiliki masalah gigi atau gusi.

 

Jika kamu mengalami sakit gigi, penting untuk mencari tahu apa yang menjadi penyebab atau akar masalahnya. Setelah mengetahui penyebabnya, kamu dapat menentukan cara terbaik untuk meredakan rasa sakit, bengkak, atau gejala lainnya.

 

Sakit gigi dapat disebabkan oleh kerusakan gigi, abses gigi, gigi yang retak atau rusak tambalan yang longgar atau rusak, hingga infeksi ataupun masalah pada kawat gigi. Infeksi sendiri dapat terjadi ketika gigi (seperti gigi bungsu) telah mematahkan kulit, tetapi tidak memiliki cukup ruang untuk masuk sepenuhnya.

 

Berkumur dengan air garam dan kompres dingin secara teratur biasanya dapat mengatasi iritasi ringan. Akan tetapi, sakit gigi yang lebih serius perlu perhatian dokter gigi untuk menentukan tindakan yang tepat.

 

Baca Juga: Ulat Gigi Penyebab Sakit Gigi, Mitos atau Fakta?

Table of Contents

Cara Mengobati Sakit Gigi dengan Cepat

Sakit gigi yang berlangsung selama berhari-hari memang membutuhkan pemeriksaan dokter gigi. Namun, kamu dapat melakukan beberapa cara ini untuk meredakan rasa nyerinya. Berikut ini cara mengobati sakit gigi dengan cepat.

 

1. Kompres Menggunakan Es Batu

Kamu dapat menggunakan kompres dingin atau es batu untuk meredakan rasa sakit gigi, terutama jika ada jenis trauma tertentu yang menyebabkan sakit gigi. Kompres dingin dapat menyebabkan pembuluh darah di area tersebut mengerut, sehingga membuat rasa sakit menjadi lebih ringan.

 

Suhu dingin juga dapat mengurangi pembengkakan dan peradangan. Caranya mudah, kamu hanya perlu menempelkan kantong es yang dibungkus handuk ke area yang sakit selama 20 menit setiap kali. Kamu dapat mengulanginya setiap beberapa jam.

 

2. Menggunakan Obat Pereda Nyeri

Jika sakit gigi terasa parah atau akibat dari kondisi medis yang lebih serius, sangat penting untuk menemui dokter gigi agar dapat mengobatinya dengan benar. Banyak kasus sakit gigi yang membutuhkan perhatian medis. Namun begitu, obat pereda nyeri yang dijual bebas seperti ibuprofen, ataupun obat sakit gigi lainnya dapat membantu sampai kamu menemui dokter gigi.

 

3. Berkumur dengan Air Garam

Bagi banyak orang, berkumur dengan air garam adalah perawatan pertama yang cukup efektif. Hal ini karena air garam mampu membantu melonggarkan partikel makanan dan sisa makanan yang mungkin tersangkut di sela-sela gigi.

 

Mengobati sakit gigi dengan air garam juga dapat membantu mengurangi peradangan dan menyembuhkan luka di mulut. Penggunaan air garam tidaklah sulit, kamu bisa mencampurkan 1/2 sendok teh garam ke dalam air hangat dan menggunakannya sebagai obat kumur.

 

4. Berkumur dengan Obat Kumur

Obat kumur antiseptik dapat menjadi solusi yang efektif untuk mengurangi rasa ngilu pada gigi. Larutan antiseptik ini digunakan untuk mendisinfeksi mukosa mulut, terutama ketika ada infeksi atau hanya risiko infeksi yang ada. Obat kumur juga dapat digunakan untuk sakit gigi, serta menghindari rasa sakit bertambah parah.

 

Obat kumur antiseptik mengandung klorheksidin atau heksetidin dan mencegah perkembangbiakan bakteri. Namun tetap penting untuk membatasi penggunaannya dari waktu ke waktu agar tidak menyebabkan masalah lain. Misalnya, mereka dapat menyebabkan ketidakseimbangan flora mulut atau mengubah rasa.

 

Sebelum menggunakan obat kumur, ada tindakan pencegahan yang penting untuk dilakukan. Penting untuk menyikat gigi beberapa kali sehari untuk membatasi penyebaran bakteri dan peradangan. Tidak perlu membatasi diri Anda pada obat kumur, yang hanya melengkapi penyikatan gigi.

 

Baca Juga: 7 Cara Mengatasi Sakit Gigi pada Anak, Penyebab, dan Cara Mencegahnya

 

5. Mengunyah Bawang Putih

Selain sebagai bumbu pelengkap rasa masakan, bawang putih juga banyak digunakan sebagai obat. Bawang putih juga memiliki sifat antibakteri. Tidak hanya dapat membunuh bakteri berbahaya yang menyebabkan plak gigi, tetapi juga dapat bertindak sebagai pereda nyeri.

 

Untuk menggunakan bawang putih pada sakit gigi, hancurkan siung bawang putih untuk membuat pasta dan oleskan ke area yang sakit. Kamu bisa menambahkan sedikit garam. Atau, ataupun mengunyah bawang putih secara perlahan-lahan.

 

6. Mengunyah Cengkeh

Cengkeh dapat dikonsumsi untuk mengurangi rasa nyeri pada sakit gigi, karena rempah ini mengandung eugenol yang merupakan antiseptik alami. Cengkeh secara efektif dapat mematikan rasa sakit dan mengurangi peradangan. 

 

Kamu dapat menggunakan minyak cengkeh sebagai obat oles, atau menjadikannya obat kumur. Selain itu, kamu juga dapat mengonsumsi cengkeh secara langsung dan mengunyahnya. Cengkeh dapat melawan nyeri sakit gigi karena rempah ini memiliki sifat anti-inflamasi, anti-bakteri, serta bersifat anestesi.

 

7. Menggunakan Kantong Teh Peppermint

Kantong teh celup peppermint dapat digunakan untuk menghilangkan rasa sakit dan menenangkan gusi yang sensitif. Biarkan kantong teh celup bekas menjadi agak dingin sebelum mengoleskannya ke area yang sakit. Seharusnya masih sedikit hangat.

 

Kamu juga dapat menggunakan metode ini untuk mendinginkan, bukan menghangatkan, area tersebut. Caranya mudah, dinginkan kantong teh celup bekas ke dalam freezer selama beberapa menit, kemudian tempelkan kantong teh peppermint ke gigi yang sedang sakit.

 

8. Segera Berkonsultasi dengan Dokter Gigi

Mengobati sakit gigi di rumah memang dapat menggunakan obat pereda nyeri, atau metode lain seperti menggunakan kompres es atau bahan alami lainnya. Namun, konsultasi dengan dokter gigi adalah yang terpenting agar kamu dapat mengetahui penyebab sakit gigi yang pasti. Terlebih, jika sakit gigi sudah berlangsung lebih dari dua hari.


Baca Juga: Penyebab Sakit Gigi Sampai Ke Telinga dan Cara Mengatasinya dengan Tepat

Cara Tepat Mencegah Sakit Gigi Datang Kembali

Cara tepat mencegah sakit gigi datang kembali adalah dengan mempraktikkan kebersihan mulut yang baik. Bersihkan gigi dengan benang gigi setidaknya sekali sehari dan gosok gigi selama 2 menit, setidaknya dua kali sehari. Selain itu, kamu juga dapat menggunakan obat kumur

 

Kemudian, berhati-hatilah terhadap beberapa jenis makanan dapat menyebabkan penumpukan plak, termasuk jeruk, roti, permen asam, keripik kentang, buah-buahan kering, minuman berkarbonasi, alkohol, dan es. Sikat gigi dan gunakan benang gigi setelah mengonsumsi makanan tersebut dapat membantumu untuk mencegah penumpukan plak.

 

Namun, yang terpenting adalah mengunjungi dokter gigi untuk pemeriksaan dan pembersihan minimal rutin dua kali setahun. Kamu dapat mengunjungi Klinik Gigi SATU Dental untuk melakukan pemeriksaan dan perawatan gigi rutin. Selain dokter yang berpengalaman dan terpercaya, Klinik Gigi SATU Dental juga menawarkan beragam promo spesial, lho.

 

Tunggu apa lagi? Yuk, segera periksakan kesehatan gigi dan mulutmu di Klinik SATU Dental!

Artikel Lainnya

Cabang Klinik Gigi SATU Dental

Buat Jadwal di Klinik SATU Dental