Klinik Gigi SATU Dental

Cara Mengatasi Saraf Gigi yang Sakit dengan Mudah

5 Cara Menenangkan Saraf Gigi yang Sakit dengan Mudah

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Breadcrumb

Sakit gigi menjadi salah satu penyakit yang seringkali mengganggu aktivitas sehari-hari. Biasanya, penyebab utama sakit gigi adalah gigi yang berlubang dan sudah terinfeksi oleh bakteri. Infeksi yang terjadi dapat menyebabkan iritasi pada saraf gigi, sehingga muncul rasa nyeri dan ngilu yang kadang tak tertahankan.

Jika tidak segera diatasi, rasa sakit yang semakin parah bisa mengakibatkan gusi membengkak, serta makan dan minum akan terasa sulit. Tentunya, menjaga asupan makanan dan minuman juga penting dilakukan supaya tidak memperburuk kondisi saraf gigi yang sedang sakit. Pada artikel kali ini, Satu Dental sudah merangkum cara menenangkan saraf gigi yang sakit yang benar dan mudah.

Table of Contents

Cara Menenangkan Saraf Gigi yang Sakit

Untuk mengembalikan semangat aktivitas yang jadi menurun karena saraf gigi yang sakit, cobalah atasi dengan beberapa cara menenangkan saraf gigi yang sakit di bawah ini, agar rasa sakit dapat menghilang dan kembali nyaman untuk melakukan kegiatan.

1. Kumur dengan Air Garam

1. Kumur dengan Air Garam

Cara pertama menenangkan saraf gigi yang sakit ini merupakan cara menenangkan saraf gigi yang sudah sangat dikenal oleh masyarakat, yaitu berkumur dengan menggunakan air garam. Bukan hanya mitos belaka, pada kenyataannya air garam memang dapat membantu mengatasi saraf gigi yang sedang sakit. Dalam air garam terdapat kandungan antibakteri dan bisa berperan menjadi desinfektan versi alami untuk membunuh bakteri penyebab infeksi pada gigi.

Cara menenangkan saraf gigi yang sakit dengan menggunakan garam cukup mudah, yaitu dengan mencampurkan ½ sendok teh garam dengan segelas air hangat. Aduk hingga garam merata dalam air, lalu gunakan untuk berkumur yang dilakukan beberapa kali sampai saraf gigi terasa sedikit lebih tenang dibanding sebelumnya.

Selain mampu mengatasi saraf gigi yang sakit, air garam juga bisa membantu untuk meredakan gusi bengkak yang disebabkan oleh sakit gigi, serta dapat menghilangkan sisa makanan yang menjadi dalang utama penumpukan bakteri pada gigi yang menyebabkan infeksi.

Baca Juga: 4 Obat Gusi Bengkak karena Gigi Berlubang

2. Bawang Putih

Salah satu rempah yang biasa digunakan sebagai masakan juga bisa dijadikan solusi ampuh saat gigi sakit. Penggunaan bawang putih sebagai cara menenangkan saraf gigi yang sakit sudah dilakukan sejak dahulu kala, dan menjadi sebuah tradisi. Bawang putih mengandung senyawa allicin yang bersifat antibakteri dan dapat membunuh bakteri penyebab infeksi dan iritasi pada saraf gigi. 

Cara menenangkan saraf gigi yang sakit dengan menggunakan bawang putih sebagai penenang saraf gigi ini juga tergolong mudah, hanya dengan mengunyah bawang putih secara langsung sudah bisa membantu mengatasi rasa sakit. Tetapi, jika rasa bawang putih mentah terasa tidak enak bagi indera perasa, cobalah untuk mengolahnya terlebih dahulu.

Pertama, hancurkan bawang putih hingga halus dan terasa lunak seperti pasta. Campurkan bawang putih yang sudah dihaluskan dengan garam, lalu langsung saja dioleskan perlahan pada bagian saraf gigi yang terasa sakit dan diamkan selama kurang lebih 30 menit.

3. Kompres Air Dingin

Kompres air dingin biasanya dilakukan untuk saraf gigi yang sakitnya disebabkan karena gigi yang patah ataupun mengalami pembengkakan karena abses gigi yang terjadi pada ujung gigi. Gunakanlah handuk yang sudah dimasukkan ke dalam air dingin, peras terlebih dahulu, lalu kompres pada bagian saraf gigi yang terasa sakit. Diamkan kompresan selama kurang lebih 20 menit hingga saraf gigi terasa mati, dan rasa sakitnya juga berkurang atau bahkan menghilang.

Tak hanya itu, kompres air dingin juga bisa membantu meredakan peradangan dan pembengkakan yang terjadi akibat saraf gigi yang sakit.

4. Minyak Cengkeh

Minyak cengkeh tidak hanya bisa digunakan sebagai bahan masakan, tetapi bisa dijadikan sebagai penenang saraf ketika sakit gigi. Senyawa eugenol yang terkandung dalam cengkeh dikatakan mampu menghilangkan rasa sakit pada gigi. Senyawa eugenol sendiri memang merupakan senyawa yang berperan sebagai pereda rasa sakit alami.

Teteskan minyak cengkeh pada kapas, lalu tempelkan pada gigi yang sakit selama 2 menit saja. Penggunaan minyak cengkeh yang terlalu lama, dapat menyebabkan bahaya lain seperti iritasi pada gusi. Jika memiliki riwayat alergi, tidak disarankan menggunakan minyak cengkeh sebagai cara menenangkan saraf gigi yang sakit.

5. Daun Jambu Biji

Daun jambu biji memiliki manfaat yang salah satunya untuk menenangkan saraf gigi yang sakit, karena bersifat antimikroba. Dengan begitu, penggunaan daun jambu biji dapat menghilangkan bakteri penyebab sakit pada saraf gigi. Biasanya, daun jambu biji bisa dikunyah secara langsung setelah dicuci, untuk menenangkan saraf gigi. Namun bisa juga jika daun jambu biji dihancurkan, lalu direbus, dan digunakan untuk berkumur.

Penyebab Utama Sakit Pada Saraf Gigi

Berikut adalah beberapa faktor yang paling sering menyebabkan rasa sakit pada saraf gigi:

  • Karies Gigi: Karies gigi, sering dikenal sebagai gigi berlubang, terjadi akibat erosi yang disebabkan oleh asam yang terbentuk dari sisa makanan manis di mulut. Plak gigi yang mengandung bakteri ini merusak enamel dan menciptakan lubang pada gigi. Kerusakan ini bisa merembet ke dalam gigi hingga mencapai pulpa, tempat beradanya saraf dan pembuluh darah, yang jika terinfeksi bisa menyebabkan pembentukan abses, yaitu kumpulan nanah yang menyakitkan di sekitar akar gigi.
  • Trauma pada Gigi: Cedera pada gigi, seperti retak atau  gigi patah, bisa memaparkan saraf gigi yang sangat sensitif. Cedera ini tidak hanya menyebabkan rasa sakit yang parah tetapi juga meningkatkan risiko infeksi pada area yang terkena.
  • Impaksi Gigi Bungsu: Apa itu Impaksi? Gigi bungsu yang tidak muncul sepenuhnya atau tumbuh tidak pada tempatnya dapat menyebabkan tekanan pada gigi lainnya, memicu rasa sakit pada gusi dan saraf. Ketidaknyamanan ini bisa mempengaruhi struktur gigi dan gusi di sekitarnya.
  • Bruxism: Menggertak atau mengatupkan gigi secara berlebihan, biasanya terjadi saat tidur, bisa merusak enamel gigi dan memperburuk kondisi saraf gigi. Dokter gigi mungkin akan menyarankan penggunaan pelindung mulut selama tidur untuk mencegah kerusakan lebih lanjut.
  • Erosi Gigi: Konsumsi berlebihan makanan dan minuman asam, serta kondisi seperti GERD, dapat mengikis enamel gigi. Efek jangka panjangnya adalah ketika enamel rusak, saraf gigi menjadi lebih sensitif terhadap rangsangan dari luar, menyebabkan rasa sakit.
  • Penyakit Gusi: Penyakit gusi yang menyebabkan inflamasi dan infeksi pada jaringan gusi dapat menyebabkan terbukanya akar gigi. Ini seringkali menghasilkan rasa sakit pada saraf gigi, meskipun masalah utamanya terletak pada gusi, bukan gigi itu sendiri.

Baca Juga: Apakah Gigi Bungsu Harus Dicabut? Ini Gejala Masalah Pada Gigi Bungsu

Klinik Gigi untuk Mengatasi Saraf Gigi yang Sakit

Klinik Gigi untuk Mengatasi Saraf Gigi

Jika rasa sakit terjadi secara berulang, perlu dilakukan pengecekan untuk mengetahui penyebab dan mengatasinya dengan benar. Berikut ini ada beberapa rekomendasi klinik gigi untuk mengatasi saraf gigi yang sakit.

  • Klinik Gigi Satu Dental Cempaka Putih. Untuk yang tinggal di daerah Jakarta Pusat, jika terjadi keluhan sakit saraf gigi yang berulang, bisa langsung datang mengunjungi klinik satu dental cempaka putih yang beralamat di Jl. Cempaka Putih Raya No. 116 D , Jakarta Pusat, 10510.
  • Klinik Gigi Satu Dental Kota Wisata Cibubur. Untuk yang tinggal di daerah Cibubur dan sekitarnya, bisa mengunjungi klinik gigi satu dental kota wisata Cibubur yang beralamat di Ruko Oregon TCR 31, Jl. Raya Kota Wisata, Ciangsana, Kec. Gn. Putri, Kabupaten Bogor, Jawa Barat 16968.
  • Klinik Gigi Satu Dental Green Lake City. Sementara, untuk yang tinggal di daerah Tangerang, bisa mengunjungi klinik gigi satu dental Green Lake City yang beralamat di Ruko Cordoba, Jl. Green Lake City Boulevard No.28, Petir, Kec. Cipondoh, Kota Tangerang, Banten 15147.
  • Klinik Gigi Satu Dental Summarecon Bekasi. Di daerah Bekasi juga terdapat klinik gigi satu dental yang berlokasi di Ruko Emerald Commercial, Jl. Bulevar Selatan, Blok UA-11, Bekasi Utara, Kota Bekasi.
  • Klinik Gigi Satu Dental Sawangan Depok. Untuk yang berada di daerah Depok, bisa kunjungi langsung klinik gigi satu dental yang berlokasi di Jl. Raya Sawangan No.32-3, Mampang, Kec. Pancoran Mas, Kota Depok, Jawa Barat 16433.

Setelah cara menenangkan saraf gigi yang sakit dilakukan membuat saraf gigi sementara terasa tenang, alangkah lebih baik lagi jika kamu datang ke klinik untuk melakukan perawatan akar dan saraf gigi supaya tidak terjadi sakit yang berulang. 

Artikel Lainnya

Cabang Klinik Gigi SATU Dental

Buat Jadwal di Klinik SATU Dental