Apakah Gigi Bungsu Harus Dicabut?

Apakah Gigi Bungsu Harus Dicabut? Ini Gejala Masalah Pada Gigi Bungsu

Gigi bungsu merupakan gigi yang tumbuh paling terakhir di bagian belakang gigi, berdekatan dengan gigi geraham. Bagi banyak orang, kemunculan gigi bungsu di antara usia 17-25 tahun ini seringkali terasa menyakitkan dan sangat mengganggu. Hal tersebut menimbulkan pertanyaan apakah gigi bungsu harus dicabut?

Gigi manusia tumbuh lengkap saat menginjak usia 3 tahun. Kehadiran gigi bungsu pada umumnya mengganggu tata letak gigi yang sudah sempurna. Karena itulah, hampir semua orang memiliki anggapan bahwa gigi bungsu harus dicabut. Tapi, apakah anggapan tersebut benar adanya? Satu dental sudah merangkum pembahasan terkait gigi bungsu, simak sampai akhir.

Apakah Gigi Bungsu Harus Dicabut?

Apakah gigi bungsu harus dicabut? Ternyata gigi bungsu tidak selalu harus dicabut jika pertumbuhannya tidak mengganggu keberadaan gigi di dekatnya dan tumbuh secara utuh. Lalu apakah gigi bungsu pasti tumbuh? Jawabannya juga tidak, bisa bergantung berdasarkan faktor keturunan.

Gigi bungsu yang harus dicabut adalah gigi bungsu yang tumbuh secara tidak wajar, seperti tumbuh miring dan menempel dengan gigi lainnya. Tak hanya itu saja, gigi bungsu yang menyebabkan berbagai permasalahan lainnya seperti menimbulkan rasa sakit dan infeksi, serta tumbuh di dalam gusi.

Adapun kondisi lebih buruk yang mengharuskan gigi bungsu segera dicabut, ketika kehadirannya menyebabkan perubahan terjadi di sekitar gigi, seperti kerusakan pada gigi lain semakin meluas, tumor, terdapat kista (kantung berisi cairan), dan kerusakan pada gusi.

Untuk dapat mengetahui apakah gigi bungsu yang tumbuh perlu dicabut atau tidak, bisa datang langsung mengunjungi Klinik Gigi SATU Dental untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Gejala Adanya Masalah pada Gigi Bungsu

Permasalahan pada gigi bungsu ini bisa muncul dengan beberapa gejala yang bisa kamu rasakan secara langsung, Dengan adanya gejala, kamu jadi tahu apakah gigi bungsu harus dicabut atau dibiarkan saja. Berikut ini gejala yang timbul:

1. Gusi Berdarah

Penyebab gusi berdarah memang banyak sekali, contohnya dikarenakan penumpukan plak gigi yang sudah mengeras. Namun, gusi berdarah juga bisa menjadi tanda gejala dari gigi bungsu yang bermasalah. Perhatikan bagian gusi mana yang seringkali berdarah, apakah gusi bagian belakang yang terdapat gigi bungsu atau ternyata gusi bagian lain.

Tanda lainnya yang bisa kamu perhatikan selain gusi berdarah adalah, gusi yang mulai melunak akibat infeksi yang terjadi dalam mulut.

2. Gusi Mengalami Pembengkakan

Selain gusi berdarah, rasa sakit yang timbul karena pertumbuhan gigi bungsu dapat menyebabkan gusi mengalami pembengkakan yang dapat mengganggu aktivitas. Gusi bengkak tentu menimbulkan rasa sakit dan juga sedikit rasa malu. Pembengkakan ini seringnya terjadi pada bagian belakang gigi, dimana gigi bungsu berada.

3. Sakit Pada Rahang

Permasalahan gigi bungsu yang semakin serius bisa ditandai dengan gejala sakit pada rahang. Hal ini disebabkan oleh impaksi gigi yang tumbuh dengan tidak normal sampai menembus bagian gusi, dan menyebabkan rahang sakit. Selain rasa sakit, rahang juga akan terasa lebih kaku dan sulit untuk makan.

4. Bau Mulut

Bau yang dikeluarkan dari mulut sebenarnya juga banyak penyebabnya, yang salah satunya adalah gigi bungsu yang bermasalah. Karena infeksi yang terjadi dalam mulut akibat gigi bungsu, mulut pun akhirnya mengeluarkan bau yang tidak sedap. Jika mulut kamu memiliki bau yang kurang sedap dengan keluhan gejala lain, itu bisa menjadi tanda bahwa gigi bungsu yang tumbuh mengalami permasalahan.

5. Sulit Membuka Mulut

Akibat pembengkakan gusi yang terjadi dan rahang yang sakit, pada akhirnya mulut pun sulit untuk dibuka. Jika hal tersebut terjadi, konsumsi makanan lunak terlebih dahulu supaya tidak perlu membuka lebar-lebar mulut hanya untuk sekedar mengisi perut kosong.

Klinik Gigi Cabut Gigi Bungsu

Untuk mengatasi permasalahan pada gigi bungsu yang harus dicabut, datangi klinik gigi untuk melakukan pencabutan gigi bungsu sebelum semakin parah dan menyebabkan penyakit lainnya.

• Klinik Gigi SATU Dental Aesthetic Kemang. Bagi yang hendak mencabut gigi bungsu di daerah Jakarta, bisa langsung berkunjung ke klinik gigi satu dental yang berlokasi di Jl. Kemang Raya No.72 RT 007, RW 002, Bangka, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan.
  • Klinik Gigi SATU Dental Bintaro. Bagi yang berada di daerah Tangerang, pencabutan gigi bungsu bisa dilakukan langsung dengan datang ke klinik gigi satu dental yang berlokasi di Ruko Graha Matercella E.84, Jl. Bintaro Utama 3A, Bintaro Jaya sektor 3, RT.02 RW.04, Pondok Karya, Pondok Aren, Tangerang Selatan.
  • Klinik Gigi SATU Dental Grand Galaxy Bekasi. Daerah Bekasi bisa melakukan pencabutan gigi bungsu di klinik gigi satu dental yang beralamat di Ruko Grand Galaxy City Jl. Boulevard Raya Barat Blok RGG No. 7, RT.001/RW.018, Jaka Setia, Kec. Bekasi Sel., Kota Bks, Jawa Barat 17147.
  • Klinik Gigi SATU Dental Sawangan Depok. Klinik gigi satu dental juga ada yang berlokasi di daerah Sawangan, dengan alamat lengkapnya di Jl. Raya Sawangan No.32-3, Mampang, Kec. Pancoran Mas, Kota Depok, Jawa Barat 16433.

Kini terjawab sudah pertanyaan apakah gigi bungsu harus dicabut atau tidak. Bagi kamu yang harus melakukan pencabutan gigi bungsu, tidak perlu merasa takut, karena lebih menakutkan jika gigi bungsu menyebabkan masalah lain pada mulut yang lebih berbahaya. Datanglah segera ke klinik gigi untuk cabut gigi bungsu yang bermasalah.