Klinik Gigi SATU Dental

6 Cara Menghilangkan Bau Pete di Mulut dengan Cepat dan Mudah

6 Cara Menghilangkan Bau Pete di Mulut dengan Cepat dan Mudah

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Breadcrumb

Pete adalah makanan favorit bagi banyak orang. Terkadang, tidak lengkap menikmati suatu hidangan tanpa tambahan pete sebagai pelengkap. Apakah Anda salah satu penikmat pete? Biasanya orang-orang yang suka makan pete akan merasa tidak nyaman setelah mengonsumsi makanan satu ini. Penyebabnya adalah bau mulut yang bertahan lama dan menimbulkan rasa tidak nyaman, baik bagi yang mengonsumsi maupun orang-orang di sekitarnya.

 

Jika Anda penikmat pete, Anda tidak perlu khawatir. Anda tetap bisa menikmati pete dengan beberapa tips berikut ini. Simak 6 cara menghilangkan bau pete di mulut dengan cepat dan mudah berikut!

Table of Contents

Kenapa Makan Pete Membuat Mulut Bau

Apa sih penyebab bau mulut setelah mengonsumsi pete? Dalam pete, terdapat zat yang bisa menyebabkan bau mulut, seperti hexathionine, tetrathiane, trithiolane, pentathiopane, pentathiocane, dan tetrathiepane. Bau yang ditimbulkan oleh pete bukan hanya dirasakan sebagai bau mulut, namun juga bau urin. Oleh sebab itu, banyak orang menghindari mengonsumsi pete terlalu banyak.

 

Selain itu, pete juga memiliki kadar asam amino yang tinggi, sehingga tidak boleh dikonsumsi dalam jumlah banyak dan sering. Kadar asam amino dalam pete dapat menjadi penyebab sakit maag dan gangguan pencernaan. Jika Anda menyukai makanan satu ini, Anda tetap harus mengonsumsinya dengan hati-hati, ya!

Cara Menghilangkan Bau Pete di Mulut

Bau mulut atau halitosis yang disebabkan setelah makan pete seringkali membuat seseorang tidak nyaman dan kurang percaya diri. Padahal pete adalah salah satu makanan yang lezat untuk dikonsumsi. Tidak perlu khawatir, bagi penggemar pete, masih bisa mengonsumsi pete dengan menerapkan tips-tips berikut ini untuk menghilangkan bau mulut!


1. Perbanyak Minum Air Putih

Untuk mengatasi bau mulut, Anda harus memperbanyak konsumsi air putih. Seseorang dengan bau mulut biasanya tidak mencukupi kebutuhan konsumsi air putih harian. Pada orang dewasa, setidaknya Anda harus minum air putih 2 liter setiap hari.


Tips ini dapat diterapkan juga setelah mengonsumsi pete. Mulut yang kering akan menyebabkan bau mulut semakin tercium. Maka, Anda harus minum air putih lebih sering setelah mengonsumsi makanan yang mengandung pete.


2. Sikat Gigi

Membersihkan sisa-sisa makanan dan bakteri pada gigi dapat meminimalisir bau mulut. Anda juga dapat memilih pasta gigi yang memiliki bau menyegarkan seperti mint untuk menghilangkan bau pete. Jangan lupa untuk memilih sikat gigi yang nyaman dan menyikat gigi selama minimal 2 menit. Jika bakteri dan sisa makanan sudah hilang, alhasil bau pete tidak akan tercium.


Baca Juga: Sikat Gigi Berapa Kali Sehari 


3. Membersihkan Lidah

Tindakan satu ini seringkali dilupakan saat membersihkan gigi. Anda tidak cukup hanya dengan menyikat gigi, bagian lidah juga harus dibersihkan. Penyebabnya, sisa-sisa makanan dan bakteri dapat juga berkumpul di area sekitar lidah. Anda bisa menggunakan pembersih khusus lidah untuk hasil pembersihan yang maksimal.


4. Berkumur dengan Obat Kumur

Jika Anda ingin bau mulut langsung hilang, Anda dapat menerapkan tips satu ini. Setelah menyikat gigi dan membersihkan lidah, jangan lupa untuk berkumur dengan obat kumur. Obat kumur, khususnya obat kumur yang mengandung antiseptic dapat membunuh bakteri penyebab bau mulut.


Pastikan untuk berkumur dalam minimal 2 menit agar hasilnya maksimal. Obat kumur membantu membersihkan bakteri yang terdapat pada area yang tidak terjangkau sikat gigi. Setelah itu, jangan lupa untuk masuk ke tahapan selanjutnya, yaitu membersihkan gigi dengan benang gigi.


Baca Juga: Lupa Menggosok Gigi


 5. Menggunakan Benang Gigi

Jika Anda belum rajin menggunakan benang gigi, sebaiknya Anda segera melakukannya sekarang. Benang gigi dapat membantu pembersihan gigi dengan lebih optimal. Sebab, sisa makanan dapat tersangkut di sela-sela gigi dan bisa menjadi bakteri penyebab bau mulut.


Sehabis makan pete, bisa saja bagian pete tersangkut di bagian mulut yang tidak dapat dijangkau. Dengan menyikat gigi, membersihkan lidah, berkumur dengan obat kumur, serta memakai benang gigi, diharapkan sisa pete tidak lagi tertinggal di mulut dan bau mulut bisa segera hilang.


6. Mengonsumsi Permen Karet

Salah satu cara lainnya untuk menghilangkan bau pete di mulut adalah dengan mengunyah permen karet. Permen karet dapat membantu produksi air liur sehingga partikel dari pete yang tersisa di gigi dan mulut bisa dibersihkan. Jangan lupa untuk mengonsumsi permen karet yang bebas gula sehingga tidak mempengaruhi kesehatan gigi akibat konsumsi makanan manis.


Baca Juga: Cara Menghilangkan Bau Mulut Karena Gigi Berlubang


Itu tadi 6 cara untuk menghilangkan bau pete di mulut dengan cepat dan mudah. Bagi Anda penggemar makanan satu ini, pastikan untuk selalu menyediakan peralatan untuk membersihkan gigi, seperti sikat gigi, mouthwash, dan benang gigi. Supaya setelah mengonsumsi masakan dengan bau menyengat, seperti pete, Anda tetap bisa mendapatkan perasaan nyaman dan tidak mengganggu kenyamanan orang lain. Selain itu, bau mulut juga dapat terjadi karena disebabkan permasalahan kesehatan yang lebih serius. 


Jika sudah menerapkan cara-cara yang disebutkan, tetapi bau mulut belum hilang, Anda perlu untuk segera berkonsultasi ke dokter gigi. Pastikan untuk selalu mengonsultasikan permasalahan kesehatan gigi dan mulut pada klinik gigi terpercaya SATU Dental. Klinik Gigi SATU Dental memiliki dokter gigi terpercaya dan ramah yang membuat Anda nyaman saat berkonsultasi. Serta tersedia banyak promo perawatan gigi yang akan membuat pengalamanmu ke

dokter gigi menjadi lebih menyenangkan. Cek promo menarik dari SATU Dental berikut ini Promo Perawatan Gigi.

Artikel Lainnya

Cabang Klinik Gigi SATU Dental

Buat Jadwal di Klinik SATU Dental